Tag Archives: seleksi cpns 2011

Rekrutmen CPNS Diharapkan Digelar Awal Tahun

By gladwin | July 18, 2011

Komisi XI DPR meminta penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimajukan ke awal tahun. Saat ini seleksi penerimaan PNS selalu dilakukan pada akhir tahun. Demikian diungkapkan oleh Anggota Komisi XI I Wayan Koster di ruang rapat Komisi XI, Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2011). Dia mengungkapkan, jika akhir tahun maka akan mempengaruhi anggaran di kementerian Lembaga terkait. “Penerimaan PNS di awal… Read More »

Banyak Instansi dan Daerah Tidak Buka Lowongan CPNS

By gladwin | June 8, 2011

Proses penentuan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2011 terus bergulir. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) mencatat, sedikitnya 12 instansi tidak mengajukan permohonan penerimaan CPNS 2011. Dengan demikian, mereka dianggap tidak membuka lowongan CPNS 2011. Instansi pemerintah yang tidak membuka lowongan itu terdiri atas instansi pusat dan daerah. Deputi Sumber Daya Manusia… Read More »

Penerimaan CPNS Dijadwalkan Oktober 2011

By gladwin | June 7, 2011

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Men-PAN) EE Mangindaan menegaskan kemungkinan pihaknya membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) seluruh Indonesia pada Oktober tahun 2011 ini. “Sekarang kita pada tahap meminta usulan formasi penerimaan CPNS (dari daerah),” kata Mangindaan di Istana Negara Jakarta, Selasa (7/6/2011). Selain menunggu usulan formasi CPNS, pihaknya juga terus melakukan rapat dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai… Read More »

CPNS 2011 Tes Seleksi Akan Berlangsung Dua Tahap

By gladwin | May 5, 2011

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi penyelenggara utama dalam seleksi CPNS yang bersifat umum. Hal ini tertuang dalam Pasal 21 ayat 4 RUU tentang Pokok-pokok Kepegawaian Negara. Disebutkan juga dalam tes seleksi CPNS terdiri dari dua tahap, yaitu yang bersifat umum dan khusus. “Kalau seleksi umum dilaksanakan secara nasional oleh BKN. Sedangkan seleksi khusus disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi,… Read More »

Ombudsman Minta Dilibatkan Dalam Pengawasan Seleksi CPNS

By gladwin | April 26, 2011

Banyaknya masalah yang berkaitan dengan publik, salah satunya rekrutmen CPNS dan mutasi pejabat, mendorong Ombudsman Republik Indonesia (ORI) untuk ikut dalam pengawasannya. Karena itu, pemerintah (dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Red) diharapkan melibatkan ORI dalam mengawal pelaksanaan rekrutmen CPNS maupun mutasi. “Selama ini, banyak laporan masuk berkaitan dengan permasalahan-permasalahan CPNS, serta mutasi pejabat.… Read More »

CPNS 2011 Kemungkinan Digelar Pada September

By gladwin | March 27, 2011

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) diimbau segera menyetor kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2011 pada April. Usulan tersebut nantiny akan dianalisa oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Keputusan final kuota CPNS daerah ditentukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Jika jadwal mulus, proses seleksi CPNS digelar September. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kemen PAN dan RB Ramli… Read More »

Pemerintah Belum Memutuskan Penerimaan CPNS 2011

By gladwin | March 13, 2011

Kendati belum semua daerah memasukkan data kepegawaiannya ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), namun formasi CPNS 2011 telah dibahas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementerian Keuangan. Pembahasan yang masih berjalan ini, menurut Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN & RB Ramli Naibaho, untuk mengetahui kepastian Kemenkeu memberikan jatah formasi untuk CPNS 2011. “Kami sedang membahas tentang… Read More »

Seleksi CPNS 2011 Difasilitasi Provinsi

By gladwin | December 13, 2010

Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mengeluarkan keputusan terkait seleksi calon pegawai negeri sipil di tingkat provinsi dan daerah. Keputusan tegas sangat diperlukan agar setiap daerah tidak memiliki persepsi berbeda terhadap mekanisme rekrutmen CPNS. Sekretaris Utama Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tasdik Kinanto mengakui, surat edaran MenPAN beberapa waktu lalu masih menimbulkan… Read More »