Tag Archives: cpns 2011

Rekrutmen CPNS Daerah Harus Lebih Transparan

By gladwin | November 23, 2011

Mulai sekarang Pemerintah daerah tidak bisa main-main lagi dengan pengadaan CPNS. Ketentuan mengikat sudah ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Bila berani melakukan kecurangan, resikonya adalah membatalkan jatah formasi CPNS bagi daerah tersebut. “Bagi daerah yang tidak memasukkan analisa jabatan dan beban kerja (Anjab), tidak akan saya beri formasi. Itu berarti tidak bisa mengadakan seleksi… Read More »

Pemerintah Pusat Menangguhkan Rekrutmen CPNS 2011

By gladwin | October 31, 2011

Rekrutmen CNPS Tahun 2001 hampir pasti ditiadakan. Program reformasi birokrasi (RB) membuat pengangkatan CPNS baru kian rumit. Usul CPNS baru yang diajukan instansi pusat, pemprov, dan pemkot/pemkab Juli lalu digugurkan. Namun, hal itu tidak berlaku untuk rekrutmen CPNS dari honorer. Data di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB (Kemen PAN dan RB) menyebutkan, pada Juli lalu seluruh permohonan… Read More »

Usulan Formasi CPNSD Ditunda Hingga Desember 2011

By gladwin | October 28, 2011

Pengangkatan CPNS 2011 untuk formasi tenaga pendidik, medis, ikatan dinas, dan kebutuhan mendesak (seperti sipir penjara) tidak memungkinkan lagi dilakukan tahun ini. Pasalnya, 90 persen daerah belum memasukkan usulan kebutuhan pegawai yang disertai dengan Analisis Jabatan dan Beban Kerja (Anjab). Data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) menunjukkan, hingga Jumat (28/10) ini baru 97 daerah yang… Read More »

Rekrutmen CPNS 2011 Tetap Dibuka Untuk Tenaga Kesehatan

By gladwin | October 13, 2011

Kebijakan Pemerintah RI untuk tidak mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui moratorium PNS rupanya tidak berlaku untuk alumni bidang ilmu kesehatan. Ini tentunya kabar gembira bagi lulusan perguruan tinggi di bidang ilmu tersebut. Kepala Pusat Diklat dan Pelatihan Badan PSDM Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Drs Sulistiono SKM MSc mengatakan, meskipun tidak ada penerimaan PNS karena adanya… Read More »

Masih Banyak Pemda Tak Paham Moratorium CPNS

By gladwin | October 9, 2011

Meski pemerintah pusat telah melakukan sosialisasi tentang moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada seluruh sekretariat daerah dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah), nyatanya masih banyak yang tidak paham dengan kebijakan tersebut. Ujung-ujungnya, para pejabat daerah baik eksekutif maupun legislatif jadi rajin mengunjungi BKN. “Memang banyak pejabat daerah yang datang ke sini. Umumnya mereka menanyakan tentang penerimaan CPNS,… Read More »

Lowongan CPNS 2011 Kemungkinan Digelar Tahun Depan

By gladwin | October 4, 2011

Masyarakat peminat bekerja sebagai PNS siap-siap tesenyum kecut. Pasalnya, tahun ini pemerintah memastikan tidak akan menggelar seleksi CPNS pusat maupun daerah. Termasuk untuk tenaga medis dan pendidik. Pemerintah bakal mengoptimalkan kerja tenaga honorer kategori I sejumlah 67 ribu yang bakal diangkat langsung CPNS bulan ini. Kepastian tidak ada penerimaan CPNS baru diseluruh sektor baik di pusat maupun daerah… Read More »

Rekrutmen CPNS 2011 Diperbolehkan Asal Belanja Pegawai Kurang Dari 50%

By gladwin | September 26, 2011

Hingga saat ini, sekitar 50 persen dari provinsi dan kabupaten/kota memiliki anggaran belanja pegawai lebih dari 50 persen dari APBD. Bagi daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen diminta menunda sementara penerimaan CPNS. Namun hal itu tidak berlaku bagi daerah yang memiliki belanja pegawai kurang 50 persen dari APBD. “Penundaan sementara penerimaan CPNS mulai 1 September 2011… Read More »

2 Daerah Siap Melaksanakan Komputerisasi Rekrutmen CPNS

By gladwin | September 26, 2011

Dua daerah dipastikan akan menerapkan sistem computer accept dalam seleksi CPNS nanti. Meski belum ada ketetapan dari pemerintah pusat tentang penerimaan CPNS di luar tenaga honorer untuk tahun ini, namun Jawa Timur dan Palembang telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar tes. “Sudah dua daerah yang menyatakan siap menggunakan sistem computer accept dalam seleksi CPNS. Tadinya hanya Jatim saja, tapi… Read More »