Lowongan CPNS Kemenko Perekonomian

By gladwin | November 12, 2019
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2019, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

PENGUMUMAN
SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
TAHUN ANGGARAN 2019

Formasi Lowongan CPNS EKON – informasicpnsbumn.com – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian – Kemenko Perekonomian – EKON adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian – Menko Perekonomian).

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada jaman Orde Baru terbentuk pada tanggal 25 Juli 1966 dengan nama Kementerian Utama Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (EKUIN) yang pada saat itu dijabat oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kementerian ini tergabung dalam Kabinet Ampera I yang menggantikan Kabinet Dwikora. Seiring dengan pergantian Pemerintahan, nama Kementerian juga ikut beberapa kali berubah (lihat Nama-Nama Menteri Koordinator). Nama “Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian”sendiri baru dimulai pada tahun 2000.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian – EKON kembali mengundang Warga Negara Indonesia Terbarik guna mengabdi kepada NKRI dengan mengikuti :

  • Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun 2019

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN)

  1. Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sekretariat)
  2. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan (Deputi 1)
  3. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian (Deputi 2)
  4. Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (Deputi 3)
  5. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Mengah (Deputi 4)
  6. Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri (Deputi 5)
  7. Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Deputi 6)
  8. Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional (Deputi 7)

Formasi Jabatan :

  1. Analis Perekonomian
  2. Analis Perekonomian
  3. Analis Perekonomian
  4. Analis Perekonomian
  5. Analis Perekonomian
  6. Analis Perekonomian
  7. Analis Perekonomian
  8. Analis Perekonomian
  9. Analis Perekonomian
  10. Analis Perekonomian
  11. Analis Perekonomian
  12. Analis Perekonomian
  13. Analis Perekonomian
  14. Analis Perekonomian
  15. Analis Perekonomian
  16. Analis Perekonomian
  17. Analis Perekonomian
  18. Analis Perekonomian
  19. Analis Perekonomian
  20. Analis Perekonomian
  21. Analis Perekonomian
  22. Analis Perekonomian
  23. Analis Perekonomian
  24. Analis Perekonomian
  25. Analis Perekonomian
  26. Analis Perekonomian
  27. Analis Perekonomian
  28. Analis Perekonomian
  29. Analis Perekonomian
  30. Analis Perekonomian
  31. Analis Perekonomian
  32. Analis Perekonomian
  33. Analis Perekonomian
  34. Analis Perekonomian
  35. Analis Perekonomian
  36. Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi
  37. Analis Perekonomian
  38. Analis Perekonomian
  39. Analis Perekonomian
  40. Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi
  41. Analis Hukum
  42. Analis Informasi
  43. Analis Publikasi
  44. Penyusun Risalah
  45. Analis Tata Usaha

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS/ Anggota TNI/ Anggota Kepolisian Negara atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan formasi jabatan
  • Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 Tahun pada saat melamar, yang ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada Ijazah yang digunakan sebagai dasar untuk pelamaran
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar. Kecuali pelamar difabel/ disabilitas sesuai dengan ketentuan kriteria pelamar disebutkan di atas dan mendapat kebijakan khusus. (dilengkapi setelah lulus)
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  • Bersedia mengikuti dan menjalani peraturan perundang-undangan yang berlaku

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Dokumen Persyaratan (berkas lamaran) dalam bentuk scan digital terdiri dari :
    • Surat lamaran sesuai format ditujukan Kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI di Jakarta, diketik mengunakan Komputer, bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran terlampir)
    • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) asli atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)
    • Ijazah asli
    • Pelamar lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri melampirkan akreditasi beserta ijazah, bisa berupa Scan Surat Akreditasi (asli) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dimiliki perguruan tinggi pelamar (bagi lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang pada ijazah/transkrip tidak tercantum akreditasinya) atau Scan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bisa berasal dari portal https://banpt.or.id
    • Pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri melampirkan surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan konversi nilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama ijazah
    • Pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang melamar untuk formasi khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik, melampirkan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    • Transkrip Nilai Ijazah asli
    • Pelamar untuk formasi Putra/ Putri Papua dan Papua Barat melampirkan akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku
    • Pelamar untuk formasi Disabilitas melampirkan Surat Keteragan dari Rumah Sakit Pemerintah/ Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya dan foto keseluruhan badan
    • Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar) berpenampilan rapi dan formal.
  3. Pendaftaran hanya dilakukan secara online dan batas waktu pendaftaran serta unggah dokumen persyaratan pelamaran harus sesuai dengan ketentuan pada https://sscasn.bkn.go.id, dimulai pada tanggal 11 s.d. 30 November 2019 (ditutup pukul 23.59 WIB)
  4. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id sesuai dengan jadwal yang disampaikan dalam pengumuman ini.

Catatan :

  • Pelamar dari P1/TL wajib mendaftar di https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK yang sama dengan yang digunakan saat pendaftaran seleksi CPNS Tahun 2018 dan dilakukan proses pendaftaran/pengunggahan dokumen sebagaimana yang dipersyaratkan dalam pengumuman ini.
  • Semua pelamar mengetahui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.
  • Terdapat masa sanggah setelah dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi sebagaimana jadwal terlampir.
  • Masa sanggah sebagaimana dimaksud bukan untuk memperbaiki data pelamar.
  • Pelamar yang sudah mendapatkan persetujuan NIP Tahun 2018 kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan tidak dapat mendaftar pada penerimaan CPNS 2019.
  • Pelamar penyandang disabilitas mengikuti ketentuan verifikasi jenis/tingkat Disabilitas sebagaimana jadwal terlampir. Penyandang disabilitas hanya diperkenankan mendaftar padaformasi khusus penyandang disabilitas (D).
  • Tempat Pelaksanaan tahapan SKD dan SKB akan diinformasikan pada pengumuman berikutnya.
  • Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti seleksi penerimaan CPNS.
  • Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan secara langsung ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
  • Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  • Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat. Pelamar yang lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS. Jika peserta seleksi yang sudah lulus dimaksud tetap mengajukan pindah, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
  • Info lebih lanjut, silakan membuka laman : https://rekrutmen.ekon.go.id

Info Lowongan CPNS Kemenko Perekonomian persembahan informasicpnsbumn.com. Semoga bermanfaat