Info Beasiswa PNS Pemprovsu 2012

By gladwin | April 17, 2011

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan memberikan beasiswa ke luar negeri kepada 35 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2012 mendatang. Hal ini sebagai reformasi birokrasi di Pemprovsu.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Gatot Pujo Nugroho pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Sumut tahun 2011. Gatot menuturkan, program ini merupakan prioritas yang akan dibahas di Musrenbang ini.

Menurut Gatot, beasiswa ini untuk PNS di 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Jadi, masing-masing kabupaten/kota di Sumut memiliki satu perwakilan, sedangkan dua lagi dari Pemprovsu.

“Saya ingin tahun 2012 ada prioritas program. Kita ingin mereformasi birokrasi, dan ini harus didukung dengan SDM yang berkualitas. Ini akan menjadi percepatan perbaikan birokrasi di Sumatera Utara,” katanya, malam ini.

Gatot menjelaskan, beasiswa ini merupakan kolaborasi Pemprovsu dengan kabupaten/kota. Sehingga, sharing dana untuk beasiswa ini 75 persen dari kabupaten/kota dan 25 persen dari Pemprovsu. “Kita akan buat MoU, nantinya, mereka yang selesai akan difungsikan di daerah masing-masing,” imbuhnya.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, PNS yang berhak mendapatkan beasiswa ini adalah mereka yang berprestasi. “Kabupaten/kota yang mengusulakan dan menseleksi. Lalu akan diseleksi lagi oleh propinsi. Yang jelas, satu dari kabupaten/kota,” bebernya.

Dari evaluasi dan gambaran yang dibuat, ada tiga negara yang direncanakan menjadi tempat menimba ilmu bagi para PNS ini, yakni Jepang, Australia, dan Amerika Serikat. Dan besaran dana yang diperkirakan mencapai Rp250 juta sampai selesai sekitar dua tahun. Ref : waspada