Home » Berita CPNS » Seleksi CPNS Kab Nunukan 2013 Butuh 142 CPNS Baru

Seleksi CPNS Kab Nunukan 2013 Butuh 142 CPNS Baru

Share
HOT INFO !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

CPNS Nunukan 2013 – Kabar akan dibukanya Seleksi CPNS di Kab Nunukan menyisakan kekecewaan. Pasalnya walaupun formasi yang dibuka mencapai 142 CPNS baru, namun tidak menyediakan peluang bagi lulusan SMA.

Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Nunukan akhirnya merilis kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Nunukan. Dari 1.157 yang diusulkan, Kabupaten Nunukan mendapat kuota 142 pegawai.

Jatah 142 pegawai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi (Kemen PAN RB) ini sangat sedikit. Sebab, sebelumnya diprediksi, dari total usulan BKDD, setidaknya yang disetujui berada dikisaran 300 pegawai.

“Inilah kuota yang kami dapatkan dari Kemen PAN RB. Tes CPNS kemungkinan berlangsung bulan September nanti,” ujar Kepala BKDD Nunukan Syafaruddin kepada wartawan, Sabtu (27/7).

Kecilnya kuota yang didapatkan Kabupaten Nunukan tahun ini bukan tanpa alasan. Dia memprediksi, kuota ini dianggap cukup mengingat calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang beradu dalam honorer Kategori 2 (K2) cukup gemuk.

Berdasarkan data honorer yang memasukkan berkas guna mengikuti verifikasi, jumlahnya mencapai kurang lebih 600 orang. “Kita punya cukup banyak calon pegawai yang akan mengadu nasib di K2. Termasuk puluhan honorer yang sudah dinyatakan lolos verifikasi dan memenuhi kriteria di K1,” ungkap Syafaruddin.

Kabar memilukan lainnya yakni peluang bagi lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA). Usulan BKDD sebanyak dua formasi lulusan SMA untuk tenaga sopir tidak direstui Kemen PAN RB. Dalam jatah 142 pegawai yang diberikan, usulan formasi yang bagi lulusan SMA ditiadakan.

Dengan demikian, cita-cita lulusan SMA di Nunukan untuk menjadi pegawai dipastikan tertutup total. “Formasi SMA kita pastikan tidak ada. Usulan kita tidak disetujui Kemen PAN RB. Kami sudah berupaya, tapi keputusan tetap ada ditangan kementerian terkait,” akunya. Selain lulusan SMA, formasi bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga masih tanda tanya besar. Dalam kuota yang diterima, usulan formasi SMK jika tidak disetujui.

Namun kata Syafaruddin, tenaga teknis pada lulusan SMK masih sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu sambungnya, BKDD bakal kembali mencoba mengirim permohonan ke Kemen PAN RB untuk meminta pertimbangan. “Untuk formasi SMK ini akan kita coba bermohon kembali. Disetujui atau tidak, itu tergantung dari pusat nantinya,” imbuh Syafaruddin. Kecilnya jumlah pegawai yang bakal diterima tahun ini tentu saja mempersempit peluang putra-putri daerah mendedikasikan diri di daerah sendiri. Hampir dipastikan, kuota 142 pegawai ini, bakal diperebutkan ribuan pelamar dari 16 kecamatan di Kabupaten Nunukan.

Share
soal tes cpns 2014