Lowongan Kerja Ombudsman Republik Indonesia

By gladwin | May 1, 2018
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Lowongan Kerja Ombudsman RI – informasicpnsbumn.com - Ombudsman Republik Indonesia adalah lembaga negara yang memiliki kewenangan mengawasi pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, dan BHMN serta badan swasta atau perorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.

Upaya pembentukan lembaga Ombudsman di Indonesia oleh pemerintah dimulai ketika Presiden B.J. Habibie berkuasa, kemudian dilanjutkan oleh penggantinya, yakni K.H. Abdurrahman Wahid. Pada  masa pemerintahan K.H. Abdurrahman Wahid lah disebut sebagai tonggak sejarah pembentukan lembaga Ombudsman di Indonesia. Pemerintah pada waktu itu nampak sadar akan perlunya lembaga Ombudsman di Indonesia menyusul adanya tuntutan masyarakat yang amat kuat untuk mewujudkan pemerintah yang bersih dan penyelenggaraan negara yang baik atau clean and good governance.

Presiden K.H. Abdurrahman Wahid segera mengeluarkan Keputusan Presiden nomor 55 tahun 1999 tentang tim pengkajian pembentukan lembaga Ombudsman. Menurut konsideran keputusan tersebut, latar belakang pemikiran perlunya dibentuk lembaga Ombudsman Indonesia adalah untuk lebih meningkatkan pemberian perlindungan terhadap hak-hak anggota masyarakat dari pelaku penyelenggara negara yang tidak sesuai dengan kewajiban hukumnya, dengan memberikan kesempatan kepada anggota masyarakat yang dirugikan untuk mengadu kepada suatu lembaga yang independen yang dikenal dengan nama Ombudsman.

Pengumuman Seleksi Penerimaan Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2018

Ombudsman Republik Indonesia mengundang putera/puteri terbaik Warga Negara Indonesia untuk bergabung dengan Ombudsman RI guna mengisi posisi lowongan sebagai berikut :

Kepala Perwakilan Ombudsman RI

  1. Provinsi Kepulauan Riau (Kode : KP KEPRI)
  2. Provinsi Sumatera Barat (Kode : KP SUMBAR)
  3. Provinsi Sumatera Selatan (Kode : KP SUMSEL)
  4. Provinsi Jakarta (Kode : KP JAKARTA)
  5. Provinsi Jawa Tengah (Kode : KP JATENG)
  6. Provinsi Kalimantan Timur (Kode : KP KALTIM)
  7. Provinsi Sulawesi Tenggara (Kode : KP SULTRA)

Persyaratan :

  • Warga Negara Indonesia
  • Bertaqwa kepada Tuhan YME
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bebas dari segala bentuk narkotik dan obat-obatan terlarang
  • Cakap, jujur, memiliki integritas moral, memiliki kapabilitas dan memiliki reputasi yang baik
  • Usia minimal 40 tahun dan maksimal 60 tahun per 23 April 2018
  • Pendidikan minimal Sarjana Hukum atau sarjana bidang lain yang memiliki kehalian dan pengalaman minimal 7 tahun dalam bidang hukum atau pemerintahan yang menyangkut penyelenggaraan pelayanan publik
  • Memiliki pengetahuan tentang Ombudsman dan pelayanan publik
  • Tidak pernah dijatuhi pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih
  • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik
  • Bersedia untuk tidak merangkap menjadi Pejabat Negara atau Penyelenggara Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undanga, pengurus atau karyawan BUMN atau BUMD, pengurus dan/atau anggota Partai Politik dan profesi lainnya (antara lain : Dokter, AKuntan, Notaris, Pejabat Pembuata Akta Tanah)
  • Bagi calon yang berstatus PNS, bersedia berhenti dari jabatan organik PNS apabila diterima sebagai Kepada Perwakilan.
  • Aktif dan memiliki jaringan pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, media dan perguruan tinggi di masing-masing wilayah kantor Perwakilan Ombudsman

Pengiriman Lamaran

Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan, silakan mengirimkan berkas lamaran lengkap (hardcopy) dimasukkan ke dalam amplop coklat dengan mencantumkan Kode Posisi Jabatan yang dipilih di pojok kanan atas amplop ditulis dengan hururf kapital, dan mencantumkan nama pelamar di pojok kiri atas amplop ke :

Panitia Seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. C-19 Lantai 5 Ombudsman Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan 12920

Catatan :

  • Pendaftaran lamaran dibuka sampai dengan tanggal 11 Mei 2018.
  • Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap dan diterima sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  • Berkas administrasi yang tidak mencantumkan kode posisi jabatan yang dipilih pada pojok kanan atas dan nama pelamar di pojok kiri atas amplop tidak akan diproses.
  • Semua biaya dalam rangkan mendaftarjab diri dan mengikuti ujian seleksi menjadi tanggungan peserta.
  • Tidak dilakukan korespondensi antara peserta dengan panitia seleksi.
  • Keputusan panitia seleksi berifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Kelengkapan berkas lamaran beserta pengumuman lengkap dapat diunduh pada laman : Sumber

Info Lowongan Kerja Ombudsman RI persembahan informasicpnsbumn.com. Semoga bermanfaat

WhatsAppShare