Lowongan Kerja CPNS ESDM Formasi Pendaftaran

By gladwin | November 13, 2019
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Lowongan CPNS ESDM – informasicpnsbumn.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral – Kementerian ESDM atau Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral adalah Kementerian yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral. Kementerian ESDM dipimpin oleh seorang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau biasa disebut dengan nama Menteri ESDM.

 Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian ESDM Tahun 2019

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral – ESDM kembali membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian ESDM dengan ketentuan sebagai berikut:

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN)

  1. Sekretariat Jenderal.
  2. Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  3. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.
  4. Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  5. Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.
  6. Inspektorat Jenderal.
  7. Badan Geologi.
  8. Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral.
  9. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.
  10. Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional.
  11. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi.

Formasi CPNS ESDM 2019

  1. Analis Anggaran Ahli Pertama(dapat dilamar oleh Penyandang Disabilitas)
  2. Analis Kebijakan Ahli Pertama
  3. Analis Kepegawaian Ahli Pertama
  4. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama
  5. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama
  6. Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Pertama
  7. Perekayasa Ahli Pertama
  8. Perencana Ahli Pertama
  9. Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama
  10. Pengamat Gunungapi Terampil Pelaksana
  11. Analis Bimbingan Usaha
  12. Analis Hukum
  13. Analis Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi
  14. Analis Ketenagalistrikan
  15. Analis Lindungan Lingkungan Ketenagalistrikan
  16. Analis Pengawasan Eksplorasi dan Eksploitasi
  17. Analis Program Energi Baru Terbarukan
  18. Pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Perlindungan Lingkungan
  19. Pengawas Usaha Operasi Produksi dan Pemasaran
  20. Pengelola Barang Milik Negara

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai NegeriSipil, prajurit TNI, anggota POLRI dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba / NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  • Bagi wanita dan pria diutamakan tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yangdisebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  • Usia pelamar sekurang-kurangnya : 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahununtuk pelamar lulusan Diploma III (D-III), Diploma IV (D-IV) dan Sarjana (S-1) pada saat melamar

Tata Cara Pendaftaran

  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 11 s.d. 26 November 2019 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Pada saat pendaftaran secara online melalui portal sebagaimana diatas, pelamar harus mengisi NIK pelamar dan NIK kepala keluarga pada Kartu Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga, alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban pengaman lalu mengunggah pas foto berlatar belakang merah berukuran 4×6 (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file jpg) dan cetak Kartu Informasi Akun
  • Setelah itu pelamar kembali login ke portal diatas menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, kemudian pelamar :
    1. Mengunggah foto diri pelamar (swafoto) yang sedang memegang Kartu Informasi Akun dan e-KTP/ surat keterangan perekaman e-KTP sebagai bukti telah melakukan pendaftaran (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file Jpg)
    2. Memilih instansi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, jenis formasi dan jabatan sesuai pendidikan
    3. Melengkapi data dan form yang tersedia dengan jenjang pendidikan D-III, D-IV atau S-1 dan wajib mengunggah dokumen yang dipersyaratkan
  • Apabila telah lengkap pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019.
  • Pelamar mengunggah secara online hasil pindai (scan) dokumen persyaratan

Catatan :

  • Peserta P1/TL dapat mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS Tahun 2019 dengan menggunakan kualifikasi pendidikan yang sama saat melamar sebagai CPNS Tahun 2018, pada jabatan dan instansi yang diinginkan, baik sama ataupun tidak sama dengan yang dilamar saat mendaftar sebagai CPNS Tahun 2018.
  • Peserta P1/TL diberikan peluang menggunakan nilai terbaik antara nilai SKD Tahun 2018 dan nilai SKD Tahun 2019 sebagai dasar untuk mengikuti tahap SKB selanjutnya.
  • Pelamar dari P1/TL wajib mendaftar di https://sscasn.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK yang sama dengan yang digunakan saat pendaftaran seleksi CPNS Tahun 2018 dan dilakukan proses pendaftaran dan pengunggahan dokumen sebagaimana yang dipersyaratkan oleh instansi yang dilamarnya.
  • Terhadap pelamar yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  • Apabila terdapat pelamar yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia dapatmenggantikan dengan pelamar yang memiliki peringkat terbaikdibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat Panitia Seleksi Pengadaan CPNS KESDM Tahun 2019.
  • Bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi, diberikan waktu sanggah maksimal 3 (tiga) hari pasca pengumuman dan Panitia Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian ESDMmenjawab sanggahan tersebut dalam waktu maksimal 7 (tujuh) hari.
  • Kelulusan pelamar adalah prestasi pelamar sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan kepada para pelamar, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundangundangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya
  • Agar masyarakat atau calon pelamar tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam penerimaan CPNS dimaksud dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya.
  • Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai/tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  • Pelamar yang sudah mendapatkan persetujuan NIP tahun 2018 kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan tidak dapat mendaftar menjadi Peserta Seleksi Pengadaan CPNS Tahun 2019.
  • Apabila pelamar yang sudah mendapatkan persetujuan NIP tahun 2018 dinyatakan lulus tahap akhir dan/atau sudah mendapatkan persetujuan NIP kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan dilaporkan kepada Panselnas untuk diberikan sanksi tidak boleh mendaftar pada penerimaan CPNS periode berikutnya dan dikenakan sanksi ganti rugi sesuai dengan biaya yang telah negara keluarkan diakumulasikan dari tahap awal seleksi sampai dengan waktu peserta mengundurkan diri .
  • Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  • Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  • Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://cpns.esdm.go.id, https://sscasn.bkn.go.id https://sscn.bkn.go.id dan www.esdm.go.id.

Info Lowongan CPNS ESDM persembahan informasicpnsbumn.com. Semoga bermanfaat