Waw Ternyata Jumlah PNS Indonesia Membebani APBN Rp 1.200 Triliyun

By gladwin | June 30, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Sampai tahun ini, total pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia sebanyak 4,7 juta orang. Jumlah itu, kata Kresnayana Yahya Dewan Pakar Provinsi Jawa Timur, membebani APBN Rp 1.200 triliyun.

Pada Suara Surabaya, Kamis (30/6/2011), Kresnayana menegaskan setuju dengan dengan rencana Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional yang mengusulkan penghentian sementara atau moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) selama enam bulan ke depan. Tim juga mengusulkan, PNS yang berusia 50-55 tahun ditawarkan untuk mengajukan pensiun dini.

Pemerintah, kata Kresnayana, harus berani melakukan screening ke PNS yang ada, memfilter PNS yang masih layak atau tidak untuk dipekerjakan. Selama ini, banyak PNS di Bagian Umum yang nganggur tapi digaji penuh.

PNS yang ada hubungan dengan Pelayanan Publik perlu ditambah karena berhubungan langsung dengan masyarakat. Kalau moratorium CPNS diterapkan di Indonesia, ia optimis Indonesia bisa menghemat APBN-nya. Dan yang penting langkah efisiensi bisa dimulai dari moratorium CPNS. (gk/tin)-suara surabaya

WhatsAppShare