UN 2011 Tidak Pakai Ulangan

By gladwin | January 4, 2011
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Sejumlah orangtua murid di Palu, Sulawesi Tengah, menyatakan setuju dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang akan menggunakan formasi baru dengan mengkombinasikan nilai ujian nasional dan prestasi sekolah.

Eddy Lamandasa, orangtua murid di Palu, Selasa (4/1/2011), mengatakan kebijakan pemerintah itu sudah tepat, sebab selama ini hasil Ujian Nasional yang hanya menggunakan nilai ujian banyak merugikan siswa.

Karena itu, formasi baru dengan mengkombinasikan nilai ujian nasional dan prestasi sekolah merupakan format yang tepat dan sangat membantu para siswa dalam pelaksanaan Ujian Nasional nanti.

Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengatakan, Ujian Nasional 2011 menggunakan formulasi baru dengan mengkombinasikan nilai ujian nasional dan prestasi sekolah.

“Kalau dulu hasil Ujian Nasional sendiri yang menentukan kelulusan siswa tapi pada 2011 dikombinasikan antara Ujian Nasional dengan prestasi sekolah,” kata Mendiknas M Nuh di Jakarta, Kamis pekan lalu.

Saat menyampaikan konferensi pers mengenai refleksi akhir tahun tersebut, Mendiknas mengatakan, sudah ada kesepakatan antara Kementerian Pendidikan Nasional dengan DPR bahwa formula UN 2011 diperbaiki.

Formula yang digunakan adalah menggabungkan 60 persen hasil Ujian Nasional ditambah 40 persen prestasi sekolah terdiri dari nilai ujian dan rapor. Nilai setiap mata pelajaran minimum 4,00.

Bobot penilaian Ujian Nasional lebih tinggi karena jika prestasi sekolah yang lebih tinggi akan sulit sebab tidak semua sekolah memiliki akreditasi dan kualitas yang sama.

Ia menambahkan, bagi siswa yang tidak lulus Ujian Nasional dapat mengikuti ujian Paket C untuk tingkat SMU dan SMK serta Paket B untuk tingkat SMP sebab tidak diadakan lagi ujian ulang.

“Semangat perbaikan UN 2011 adalah untuk menghargai proses belajar mengajar yang dilalui siswa,” kata Mendiknas.

Ujian Nasional yang dilaksanakan sebagai salah satu penentu kelulusan peserta didik dan menjadi pemetaan mutu program satuan pendidikan secara nasional. Ujian Nsional juga bermanfaat sebagai pintu masuk untuk pembinaan dan perbaikan mutu pendidikan, baik ditingkat satuan pendidikan maupun nasional.  (Aef/At/Abd)-berita8

WhatsAppShare