Tips Persiapkan Mental Menghadapi Tes CPNS

By gladwin | September 5, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Persiapan CPNS – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dimulai sejak kemarin. Tentu saja, sebelum mendaftar, persiapan harus dilakukan dari sekarang, agar ketika tes nanti berjalan lancar.

Seperti Sisca Ramela yang baru lulus dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Dia sudah mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar CPNS di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 6 September mendatang.

“Saya mempersiapkan diri dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan kartu kuning yang diambil di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) sebagai tanda bukti jika kita mau bekerja, serta mengurus ijazah dari SD hingga kuliah. Saya juga menyiapkan diri untuk belajar, yaitu dengan beli buku kumpulan soal tes CPNS mulai dari pertanyaan umum, kesehatan, agama, dan bidang-bidang lainnya,” ujar Sisca, saat dihubungi wartawan, Kamis (5/9/2013).

Lebih lanjut, perempuan lulusan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) itu bercerita, selain persiapan-persiapan teknis, dia turut mempersiapkan mental dan banyak berdoa. “Siapin mental, banyak-banyak berdoa. Kemudian yang harus diperhatikan misalnya ketika pendaftaran CPNS Kemenkes sudah dibuka, langsunglah dicek melalui online di website resmi untuk daftar, apa saja syarat-syaratnya, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Astri Meisenja. Gadis yang mengincar pemerintah daerah Kalimantan sebagai tujuan CPNS-nya itu sudah mulai mempersiapkan diri sejak sekarang.

“Sudah mulai belajar dari sekarang. Saya mempelajari soal-soal Tes Kemampuan umum (TKU). Ada juga tes-tes seperti berita-berita mengenai pemerintah-pemerintah di Indonesia, sejarah di Indonesia. Saya mempelajari buku-buku CPNS, TOEFL, psikotes, tes potensi akademik, dan sebagainya,” ungkapnya.

Kemudian, Astri menegaskan, jika kita siap dan sudah belajar, ketika tes kita pasti akan percaya diri. “Jadi mentalnya saja disiapkan, ” singkatnya. Sumber:Okezone

WhatsAppShare