Tes Sistem CAT Tidak Digunakan Semua Instansi Daerah

By gladwin | September 19, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Tes CAT CPNS – Dalam pelaksanaan penerimaan CPNS baru tahun 2013, pada sejumlah instansi pemerintah telah menetapkan bahwa untuk proses seleksi ujian CPNS akan menerapkan sistem CAT, dan untuk sementara waktu ini tercatat ada 21 daerah yang akan menggelar ujian CPNS dengan menerapkan sistem CAT tersebut.

Angka tersebut sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah pemda yang telah membuka lowongan CPNS 2013 dengan jumlah sebanyak 260 instansi, yang terdiri dari provinsi sebanyak 23, serta kabupaten/kota sebnayak 237. Dan sedangkan untuyk instansi pusat yang telah benar-benar siap menerapkan sistem CAT hanya ada 49 dari jumlah yang awalnya 69 kementrian/lembaga.

Berdasarkan pengakuan dari Aris Windiyanto Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS BKN, beliau menyebutkan bahwa setiap pelamar CPNS yang tergolong dari para pelamar umum akan memperebutkan 65 ribu kursi CPNS, dimana jumlah tersebut akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu diperuntukan bagi pemerintah daerah sebanyak 40 ribu, serta bagi instansi pusat dengan jumlah sebanyak 25 ribu.

Berikut ke-21 instansi daerah yang akan menggelar seleksi ujian CPNS dengan menerapkan sistem CAT, yaitu sebagai berikut:

Pemerintah Provinsi

  1. Jawa Tengah
  2. Jawa Timur
  3. Bengkulu
  4. Sumatera Barat
  5. Sulawesi Barat
  6. Maluku
  7. Maluku Utara
  8. DKI Jakarta (masih dalam koordinasi)

Pemerintah Kabupaten/kota

  1. Surabaya
  2. Sidoarjo
  3. Salatiga
  4. Singkawang
  5. Muara Enim
  6. Banjarmasin
  7. Banjar Baru (per 13/9, bupatinya menarik kembali dan menyatakan mundur dari CAT)
  8. Serang
  9. Sawahlunto
  10. Dharmasraya
  11. Musi Rawas
  12. Denpasar
  13. Pekan Baru

Tata Cara Pelaksanaan TesĀ  CPNS dengan menerapkan sistem CAT, yaitu sebagai berikut:

1. Pra test

  • Diharuskan bagi seluruh peserta ujian untuk mengetahui agenda terkait kapan jadwal serta lokasi untuk pelaksanaan ujian pada masing-masing instansi.
  • Setiap peserta diwajibkan datang 30 menit sebelum ujian CPNS akan degelar.

2. Pelaksanaan tes ujian CPNS

  • Sebelum tes dimulai, peserta memiliki waktu 5 menit untuk mempersiapkan diri memasuki ruangan tes dengan posisi duduk yang tidak diatur oleh pihak panitia.
  • 15 menit untuk pengarahan cara-cara melaksanakan ujian CPNS dengan menggunakan sistem CAT tersebut yang disampaikan oleh panitia.
  • Untuk waktu pelaksanaan ujian CPNS, panitia akan memebrikan waktu selama 90 menit untuk menyelesaikan soal ujian.
  • Peserta akan dilarang membawa barang-barang elektronik ke dalam ruangan.
  • Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk membawa kartu peserta ujian saja.
  • Jika diketahui ada peserta yang melakukan tindak kecurangan juga melanggara aturan, maka peserta tersebut akan di diskualifikasi serta dinyatakan gugur sebagai peserta ujian.
  • Akan tetapi, hal yang sangat penting dalam pelaksanaan ujian CPNS baik dengan menggunalkan CAT ataupun LJK, selama proses pelaksanaan akan berlangsung dengan transparan, obyektif, akuntabel, dan tanpa KKN.
WhatsAppShare