Tes LJK CPNS Akan Dihapus

By gladwin | January 11, 2014
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Soal Tes LJK CPNS – Soal CPNS mendatang kemungkinan akan diseragamkan dengan sistem CAT. Konsorsium LSM Pemantau CPNS (KLPC) merekomendasikan proses rekruitmen Calon PNS 2014 menggunakan sitem CAT saja. Tidak lagi menggunakan LJK (Lembar Jawaban Komputer).

Juru Bicara Konsorsium dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Siti Juliantari Rachman, mengatakan rekomendasi itu diberikan lantaran hasil pengamatan dan laporan yang diterima KLPC saat rekruitmen CPNS 2013, seleksi pakai LJK paling banyak bermasalah.

“Pakai LJK juga rawan manipulasi data di daerah. Makanya kita sarankan pakai CAT semua walau sistem itu masih perlu penyempurnaan,” kata aktivis yang akrab disapa Tari kepada wartawan, Jumat (10/1).

Sebelum penyeragaman sistem CAT untuk penerimaan CPNS mendatang, Konsorsium meminta pemerintah menyiapkan infrastruktur pendukung seperti ketersediaan teknologi informasi di daerah. Panselnas bersama PPK daerah harus mendekatkan akses internet ke daerah-daerah yang belum punya fasilitas tersebut.

“Sebenarnya tidak sulit, seperti di Maluku, awalnya mereka juga tidak punya lokasi tes yang memadai, tapi setelah ada kebijakan satker-satker mengumpulkan komputer, didukung fasilitas internet, mereka bisa pakai sistem CAT. Bisa juga pakai fasilitas sekolah,” ujar Tari.

Konsorsium meyakini pemerintah bisa menyempurnakan proses rekuitmen CPNS ke depan, terutama bila hal teknis jika dipersiapkan sejak awal. Apalagi penggunaan sistem CAT juga bisa menekan celah kecurangan. “Pakai CAT itu potensi kecurangan sangat kecil,” tandasnya.

Dia juga menambahkan, ke depan BKN juga harus memiliki tabulasi data seluruh pegawai tidak saja PNS, namun juga pekerja kontrak. Sehingga ketika ada persoalan dalam rekruitmen CPNS, pengecekan data bisa dilakukan dengan cepat karena sudah tersistem. Data kepegawaian itu juga harus diupdate minimal per triwulan

Persiapkan diri Anda sejak dini dengan belajar Soal Soal CPNS dengan sistem CAT yang sudah meluluskan banyak CPNS baru : Silakan menuju laman : http://ujian.latihansoal.com

WhatsAppShare