Ternyata Anggaran Daerah Untuk Gaji PNS Masih Tinggi

By gladwin | December 21, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Anggaran Gaji PNS – Kementerian Keuangan mengungkapkan bahwa baru sekitar 20 persen dari 524 pemerintah daerah (pemda) yang mematok belanja aparatur atau pegawainya di bawah 30 persen.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono menjelaskan, belanja pegawai di pemda saat ini masih tinggi, yaitu rata-rata 40-50 persen.

Hal ini, menurutnya, membuat penggunaan anggaran di tingkat daerah belum efisien dan tidak sesuai dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Ada juga daerah yang 80 persen anggarannya habis untuk belanja pegawai (gaji PNS),” ujar Marwanto di kantornya, Jakarta, Jumat 21 Desember 2012.

Marwanto mengatakan bahwa pemerintah saat ini, sedang membuat acuan bagi pemda agar lebih efisien dalam membelanjakan anggaran. Dalam acuan tersebut, belanja aparatur daerah dipatok maksimal 50 persen.

Dengan acuan tersebut, ia berharap pemda dapat lebih berkualitas dalam mengelola anggaran, sehingga realisasi belanja modal dapat meningkat dan pertumbuhan ekonomi daerah dapat terwujud dengan baik.

“Tidak hanya fokus pada aparatur tetapi lebih mendorong kesejahteraan rakyat,” katanya. (asp/viva)

WhatsAppShare