Soal Tes CPNS 2012 Diyakini Kemenkeu Tak Bocor

By gladwin | August 30, 2012
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Soal Tes CPNS – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengadakan tes bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 8 September nanti. Layaknya ujian akhir, kekhawatiran akan bocornya soal dan kunci jawaban kerap menjadi permasalahan.

Namun, Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenkeu Kiagus Badarudin yakin di Kemenkeu soal tidak bocor. Meskipun prosedurnya tes yang digunakan sudah berubah, dari diurus Kemenkeu menjadi konsorsium perguruan tinggi.

Menurut dia, soal tes tersebut memang harus digandakan puluhan ribu, namun semua melalui sistem keamanan yang tinggi. Dia menyebut Peruri sebagai perusahaan yang didaulat menggandakan soal-soal tersebut.

“Jadi dia (Peruri) yang bikin (menggandakan). Jadi kita yakin Peruri, dia punya sistem pengamanan yang baik,” katanya kala ditemui di hotel Mandarin, Jakarta, Kamis (30/8/2012).

Dia menjelaskan, soal tersebut memang bukan lagi dibuat oleh Kemenkeu, namun oleh konsorsium 10 perguruan tinggi negeri, di bawah koordinasinya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN). “Jadi soalnya segala macam itu dibuat di sana, kemudian diserahkan langsung ke yang membuat yang menggandakan soalnya,” tambah dia.

Lebih jauh dia mengungkapkan, ada beberapa tes yang harus dilalui oleh para CPNS, seperti tes kompetensi dasar, tes kbugaran, dan wawancara. Dan dalam masing-masing tes ini, Kemnekeu telah menetapkan beberapa tim, seperti sub tim tes kompetensi dasar, sub tim tes kesehatan dan fisik, dan sub tim untuk wawancara.

“Dan itu dipimpin oleh orang yang berbeda, dan setiap sub tim itu akan kita tepatkan pengawas dari inspektorat jenderal. Jadi mudah-mudahan tidak ada kebocoran dan soal juga langsung diambil oleh petugas dari pusat hari itu juga, nanti kita tarik oleh Kementerian Keuangan diawasi kemudian setelah kumpul semuanya kita akan serahkan ke kantor KemenPAN,” tukas dia. Ref:mrt/Okezone

WhatsAppShare