Home » Berita CPNS » Sistem Komputerisasi Tes CPNS Membutuhkan Dana Rp70 Miliar

Sistem Komputerisasi Tes CPNS Membutuhkan Dana Rp70 Miliar

TwitterShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS tahun 2015 akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS 2015 nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2015, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Komputerisasi CPNS – Rencana pemerintah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) pada pengadaan CPNS tahun depan bakal terganjal. Pasalnya, hingga saat ini infrastruktur di daerah belum siap lantaran belum adanya dana.

“Target saya, seleksi tahun depan sudah menggunakan CAT. Karena itu tahun 2013 akan dibangun CAT di 33 provinsi. Untuk pembangunan sistem ini butuh dana sekitar Rp70 miliar,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Azwar Abubakar di Jakarta, Senin (29/10).

Dana tersebut, lanjutnya, sudah dimintakan persetujuannya kepada Komisi II DPR RI. “Memang butuh dana besar untuk membangun jaringan sistemnya. Setelah itu akan lebih efisien,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno. Dengan program CAT, seleksi CPNS lebih objektif dan murah, dibandingkan rekrutmen manual.

“Kalau pakai sistem seleksi seperti tahun ini memang bagus, tapi anggarannya besar. Karena itu sementara ini, kita akan menggunakan dua metode yaitu CAT dan manual,” terangnya.

MenPAN&RB sendiri menetapkan, metode manual akan tetap diberlakukan pada seleksi tahun depan. Pemberlakuannya untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau sistem CAT.

“Sementara ini, tes manual tetap kita berlakukan. Metodenya seperti pengadaan CPNS tahun 2012. Kalau sistem CAT sudah terbangun di seluruh kabupaten/kota, tes manual akan ditiadakan,” tandas politisi PAN ini. Ref:esy/jpnn

TwitterShare
Download Soal Tes CPNS 2015