Sistem CAT Mengharuskan Peserta Tes CPNS Bergiliran

By gladwin | July 16, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Tes CAT CPNS – Sudah dipastikan bahwa Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Tahun Anggaran 2013 akan dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Namun, sistem ini memiliki keterbatasan.

Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), Arizal, menjelaskan karena keterbatasan sistem CAT, maka pelaksanaan tes CPNS untuk umum kali ini akan dilakukan per regional.

“Untuk pusat, dalam sehari yang bisa ikut tes sistem CAT ada 700 orang. Sedangkan daerah hanya 150 orang per hari. Itu sebabnya, jika instansi pusat A dan B total jumlah pelamarnya 800, bisa dites di hari yang sama. Tapi kalau lebih, dites dua hari,” kata dia sebagaimana dikutip situs Kementerian PAN-RB, Senin (15/7/2013).

Menurutnya, satu komputer hanya bisa menguji lima orang per harinya. Bila dipaksakan lebih dari itu, sistemnya tidak akan jalan. “Namanya komputer, pasti ada keterbatasannya kan,” kilah Arizal.

Lantaran tesnya dilakukan bertahap, Arizal memperkirakan jadwal pengujian tes kompetensi dasar (TKD) akan berlangsung dua bulan. Itu pun setiap hari harus ada tes (pusat 700 orang, daerah 150 orang). Mereka semua pakai CAT sehingga hasil TKD langsung bisa terbaca. ‚ÄúPara peserta juga bisa segera tahu, mereka lulus TKD atau tidak,” ujarnya.

Keuntungan menggunakan CAT, menurut Arizal akan didapat hasil yang murni, objektif, dan transparan. Guna keperluan seleksi penerimaan CPNS itu, menurut Arizal, Kementerian PAN-RB akan memanggil seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta pada 18 Juli mendatang untuk rapat koordinasi.

Nantinya dalam rapat koordinasi nasional tersebut akan disosialisasikan mengenai seleksi CPNS 2013.”Karena sistem computer assisted test (CAT) masih baru bagi daerah, sengaja kita panggil mereka (sekda) kumpul di Jakarta untuk diberikan penjelasan mengenai mekanisme pelaksanaan tes CPNS 2013,” kata Arizal

WhatsAppShare