Semen Gresik Berencana Akuisisi PT Kertas Kraft Aceh

By gladwin | December 4, 2011
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mendukung rencana PT Semen Gresik (Persero) mengakuisisi PT Kertas Kraft Aceh (Persero) atau KKA. “Saya izinkan. Kalau mereka mau silahkan saja. Tapi saat ini saya belum mendapat informasi detil tentang itu,” ujarnya, Kamis, 1 Desember 2011.

Beberapa waktu lalu, manajemen Semen Gresik sempat menyampaikan minatnya untuk mengakuisisi BUMN yang memproduksi kertas kraft tersebut. Menurut Direktur Utama Semen Gresik, Dwi Soetjipto, akuisisi dapat meningkatkan efisiensi karena bisa memenuhi kebutuhan kantong semen perseroan. Namun, perseroan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dan masih mempertimbangkan potensi keberlangsungan usaha dari Kertas Kraft Aceh.

Perseroan sendiri sebelumnya sudah menandatangani nota kesepahaman dengan KKA untuk pembelian produk kertas yang dihasilkan. Selain dengan Semen Gresik, KKA juga menjalin sinergi dengan PT Bukit Asam (Persero) Tbk untuk pemasokan batubara, Perum Perhutani untuk pemasokan bahan baku pinus, dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA yang membantu proses restrukturisasi perusahaan.

Menurut Direktur Utama KKA Abdul Azis Pasza, pihaknya melalui koordinasi PPA sudah pernah membicarakan rencana tersebut dengan manajemen Semen Gresik, pada Oktober 2010. Selain itu, juga sudah ada hasil kajian Danareksa Sekuritas yang menyebutkan besaran investasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kembali perusahaan.

“Berdasarkan kajian, dana yang dibutuhkan sekitar Rp 800 miliar atau US$ 82,6 juta,” ujarnya. Dana itu sudah mencakup rencana konversi bahan bakar gas ke batu bara melalui pembangunan boiler, perbaikan unit repulping, penambahan alat high consistency refiner (HCR) dan restorasi lainnya.

Menurut Azis, akuisisi tersebut sebenarnya dapat berdampak positif bagi Semen Gresik, seperti adanya jaminan pasokan kertas kantong semen. Lebih lanjut itu bisa meningkatkan image positif kepada para pemegang saham Semen Gresik. KKA sendiri sebelumnya sudah pernah memasok kantong semen sebanyak 12 ribu ton untuk Semen Gresik, namun berhenti pada 2008 karena perusahaan ditutup.

KKA efektif berhenti beroperasi pada 1 Januari 2008, dikarenakan keterbatasan bahan baku dan tidak berlanjutnya suplai gas untuk perusahaan. Selain itu, tidak stabilnya kondisi sosial politik di Aceh pada masa itu juga menjadi alasan perusahaan menghentikan operasinya. Ref:tempo.co

WhatsAppShare