Seleksi Penerimaan CPNS Bukan Solusi Mengatasi Pengangguran

By gladwin | June 8, 2013
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Info Lowongan CPNS 2013 – Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bukanlah solusi menyelesaikan masalah pengangguran di Indonesia. Pasalnya, pengangguran tidak bisa diselesaikan dengan penerimaan PNS.

”Tenaga kerja tidak mungkin diselesaikan melalui PNS. PNS hanya menerima 3 persen angkatan kerja setiap tahun dari 3 juta angkatan kerja,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abubakar, usai membuka Padang Internasional Dragon Boat Festival ke-XI dan Padang Fair tahun 2013, di Kompleks GOR H Agus Salim Padang, kemarin (7/6).

Azwar menegaskan, birokrasi baik harus mampu mempermudah, serta memfasilitasi bertumbuhnya dunia usaha. Upaya ini, menurutnya, salah satu solusi guna menciptakan lapangan kerja bagi para angkatan kerja. ”Dengan tumbuh dan berkembangnya dunia usaha, maka dunia usahalah menampung tenaga kerja,” tuturnya.

Azwar menyebutkan, tahun ini lebih dari 110 ribu PNS pensiun di seluruh Indonesia. Pemerintah mengisinya melalui penerimaan PNS jalur regular dan kategori 2 (K-2). ”Yang diterima itu 60 ribu, di luar honorer. Terdiri dari 20 ribu untuk pusat dan 40 ribu untuk daerah. Untuk reguler dan honorer, ujiannya September,” sebutnya.

Calon PNS jalur reguler, katanya, diutamakan tenaga guru, dan tenaga teknis. ”Kita analisa betul-betul,” pungkasnya.

Dia mengingatkan, agar calon PNS tidak mudah percaya iming-iming calo. Mereka terlibat percaloan diberi hukuman berat. ”Jangan terpengaruh ada calo-calo, gak usah. Hukumannya besar untuk calo menerima uang. Baik urusan honorer maupun reguler,” tegasnya.

Tentu saja bukan solusi, karena yang diterima jauh lebih sedikit daripada yang melamar, apalagi dari jumlah Jobless di Indonesia ini. Tapi setidaknya mengurangi kaaan….

WhatsAppShare