Seleksi CPNS Dijamin Bebas Titipan

By gladwin | September 26, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

CPNS Titipan - Pemerintah pusat menjamin titip menitip calon dalam seleksi CPNS tidak ada lagi. Jaminan ini sekaligus mematahkan isu yang beredar tentang masih adanya praktik kolusi dalam rekrutmen pegawai pada 8 September lalu.

“Tidak ada lagi titip menitip calon dalam seleksi CPNS. Saya jamin itu, apalagi ujicoba tes CPNS 2012 cukup berhasil karena sampai hari ini belum ada laporan kecurangan,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN&RB) Eko Prasojo kepada JPNN, Senin (25/9).

Disebutkannya, kecurigaan titip menitip calon dalam seleksi CPNS 2012 salah satunya karena penundaan pengumuman kelulusan tes. Tapi kemudian, isu itu bisa dipatahkan dengan diumumkannya hasil tes lengkap dengan nilai.

“Mana bisa instansi main-main kalau nilai peserta ada dicantumin juga,” ucap guru besar Universitas Indonesia.

Pengalihan kewenangan dalam seleksi CPNS dari daerah ke pusat ini, diakui Eko sebagian besarnya kurang direspon kepala daerah. Kepala daerah yang lurus, justru bersyukur bila pengadaan CPNS dipegang pusat. Sebab bukan rahasia lagi, setiap pengadaan CPNS penuh dengan tekanan politik.

“Tidak sedikit bupati dan walikota yang marah karena pengadaan CPNS ditarik ke pusat. Tapi banyak juga bupati yang senang karena bisa lepas dari pihak-pihak yang ingin minta balas budi,” terangnya.

Besarnya tekanan politik itulah yang membuat kewenangan pemda itu ditarik ke pusat. Dengan harapan, tidak ada pejabat maupun politisi yang menekan panitia seleksi CPNS untuk mengganti nama titipan pejabat.

“Alhamdulillah tahun ini sudah dimulai dan terbilang cukup sukses. Selain itu sistem rekrutmen yang bersih merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi,” tandasnya. Ref:Esy/jpnn

WhatsAppShare