Seleksi CPNS Akan Dibuat Seperti SNMPTN

By gladwin | January 22, 2014
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Sistem Seleksi CPNS – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil akan (CPNS) mendiskusikan kemungkinan penggunaan sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk seleksi CPNS. Seperti apa wujudnya?

Menurut Deputi SDM Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB) Setiawan Wangsaatmaja, nantinya, dengan sistem serupa SNMPTN ini, peserta seleksi CPNS cukup mengikuti satu kali ujian namun bisa memilih dua hingga instansi pemerintahan yang dikehendaki.

“Sistem SNMPTN terbukti ampuh menunjukkan bahwa kemampuan seorang pelajarlah yang menjadi penentu diterima atau tidaknya dia di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Sistem ini sudah jadi budaya. Jadi, kami ingin membangun budaya serupa itu dalam seleksi CPNS,” tutur Setiawan ketika dihubungi Okezone, Minggu, 5 Januari malam. Setiawan mengimbuhkan, secara bertahap, Computer Assisten Test (CAT) juga akan dipakai di lebih banyak instansi peserta seleksi CPNS. Sistem CAT lebih efektif karena semua peserta bisa mengetahui hasil tes mereka secara langsung.

Nantinya, mereka yang lulus TKD CAT akan mendapatkan sertifikat, seperti halnya yang kita dapatkan ketika mengambil TOEFL. Sertifikat ini akan menjadi bukti seberapa kemampuan TKD seseorang. “Jadi, kalau mau jadi PNS, seseorang memang harus belajar. Enggak ada ceritanya lagi enggak belajar tapi mau lulus CPNS atau pemikiran lulus CPNS karena bisa menitip,” ujarnya tegas.

Selain itu, peserta CAT yang tercatat sistem secara online akan menjadi database pemerintah. Sehingga, sewaktu-waktu ada posisi lowong di instansi pemerintahan, mereka bisa langsung mengisinya. Frekuensi penyelenggaraan TKD dengan CAT juga akan dipercepat dan diperbanyak. “Kemungkinan enggak akan akhir tahun seperti 2013 lalu. Apalagi, 2014 adalah tahun politik dengan berbagai agenda pemilu,” imbuhnya.

Sudah siapkan Anda berkompetisi untuk menembus ketatnya masuk menjadi CPNS ?. Persiapkan sejak dini dengan belajar Soal Soal Tes CPNS yang dilengkapi dengan software CAT. Info lengkap, silakan buka laman :

WhatsAppShare