Seleksi CPNS 2014 Harus Selesai Sebelum Pilpres

By gladwin | January 23, 2014
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Seleksi CPNS 2014 – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana mempercepat proses perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Proses seleksi CPNS 2014 diharapkan tuntas sebelum penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

“Rencananya, pendaftaran CPNS dibuka Maret mendatang. Jadi ujiannya pada pertengahan tahun, atau Juni nanti. Pokoknya jangan seperti tahun kemarin November baru ujian,” ujar Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, Rabu (22/1/2014).

Pada tahun politik 2014 mendatang, Komisi Pemilihan Umum menjadwalkan pemungutan suara Pemilu 2014 pada 9 April dengan akhir tahapan pengucapan sumpah dan janji anggota legislatif terpilih pada bulan Oktober 2014. Berdasarkan hasil Pemilu legislatif itu, partai-partai politik yang berhak mengusung calon presiden dan wakil presiden akan mengikutkan jagoan mereka pada pemungutan suara Pilpres, 9 Juli 2014. Tahapan itu berakhir dengan pelantikan dan pengangkatan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden terpilih yang dijadwalkan KPU pada 20 Oktober 2014.

Sementara tahun kemarin, tahapan seleksi CPNS 2013, tahapan seleksi CPNS jalur umum yang diumumkan Agustus 2013, kala itu menjadwalkan 20 hari proses seleksi surat lamaran, mulai 1 September 2013. Ujian tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) dilaksanakan mulai 29 September 2013, atau sekitar sepekan setelah seleksi surat lamaran selesai dilakukan.

Seleksi dengan sistem komputer atau computer assested test (CAT) bagi pelamar umum dan tenaga honorer kategori II, kala itu, dilaksanakan 3 November 2013, dan untuk CPNS yang berasal dari jalur sekolah kedinasan dilaksanakan antara September-Oktober 2013. Selanjutnya, pada pekan pertama sampai pekan keempat November 2013 dijadwalkan pengolahan hasil TKD dan TKB sehingga pada pekan keempat November dan pekan ketiga Desember hasil seleksi CPNS sudah bisa diumumkan.

Dengan demikian total waktu yang dibutuhkan untuk proses seleksi mulai pengumuman formasi hingga pengumuman hasil seleksi CPNS sekitar 4 bulan. Jika Maret 2014 mendatang Kementerian PAN-RB membuka lowongan CPNS dan proses perekrutan CPNS berulang seperti tahun 2013, maka bisa diprediksi, tanggal pengumuman hasilnya akan dilakukan sekitar bulan Juli 2014.

WhatsAppShare