Seleksi CPNS 2012 Membutuhkan Biaya Rp20 Miliar

By gladwin | July 21, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Biaya CPNS – Untuk pengadaan seleksi CPNS 2012, pemerintah harus mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit. Diperkirakan, pemerintah harus merogoh kocek Rp20 miliar untuk proses pengadaannya. Itupun tidak termasuk dalam penggandaan soal maupun distribusinya.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesMenPAN&RB) Tasdik Kinanto mengaku kesulitan dalam penganggarannya. Pasalnya, pengadaan CPNS 2012 dilakukan pertengahan tahun.

“Kita memang sulit dalam penganggaran ini, karena sudah tengah tahun dan APBN sudah ditetapkan jauh hari. Namun, kami tetap akan mengupayakan dalam biaya tambahan nanti. Kami sudah mengusulkan penambahan anggaran sekitar Rp 20 miliar di APBNP-2012,” tutur Tasdik dalam jumpa pers di Kantor KemenPAN&RB, Jumat (20/7).

Anggaran Rp20 miliar itu, menurut Tasdik akan digunakan untuk membayar honor konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN), sewa alat screen, dan operasional lainnya. “Kita tidak menanggung penggadaan materi dan distribusinya. Kalau semuanya kita pegang, dananya akan membengkak lagi,” ujarnya.

Ditambahkan Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Aparatur KemenPAN&RB Ramli Naibaho, dengan keterlibatan konsorsium PTN, biaya penyusunan soal bisa ditekan. Lantaran, rektor yang akan menunjuk lembaga pengabdian di PTN-nya masing-masing untuk membuat materinya.

“Kalau kita tidak gandeng konsorsium, akan besar dananya. Sebab, di setiap PTN itu ada lembaga penelitiannya. Nah kalau lembaga penelitian yang akan menyusun soal, ini jadi bisnis sehingga satu soal berbobot dimintai Rp250 ribu. Karenanya kita serahkan ke rektor lembaga mana (non profit) yang ditunjuk untuk membuat soal-soal berkualitas yang akan diujikan kepada pelamar CPNS,” bebernya. Ref:esy/jpnn

WhatsAppShare