Sebanyak 14 Ribu Orang Mengikuti Tes CPNS di Jawa Timur Tahun 2010

By gladwin | December 12, 2010
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Sebanyak 14.700 orang pagi ini mengikuti tes tulis rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Lokasi tes dilakukan di 17 lokasi yang telah disediakan.

Di antara lokasi yang digunakan untuk tes, yakni Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag), SMA Untag, SMP Untag, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Dr Soetomo, beserta SMA dan SMP Dr Soetomo. Dari beberapa lokasi yang digunakan, peserta terbanyak akan menjalani tes di Untag yaitu sebanyak 2.060 orang.

Dihubungi tempo, Minggu (12/12) pagi tadi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Akmal Boedianto mengatakan, jumlah pelamar kali ini jauh diluar perkiraan. “Perkiraan kami hanya tujuh ribu peserta, ternyata yang lolos administrasi mencapai 14 ribu,” kata Akmal.

Pendaftaran yang dibuka selama 15 hari mulai tanggal 19 November hingga 3 Desember lalu ini setidaknya diikuti oleh 17.014 orang pelamar. Hanya saja setelah dilakukan seleksi administrasi selama lima hari yang lolos hanya 14.700 pelamar. Pelamar yang tidak lolos administrasi mayoritas karena tidak sesuai dengan ijasah kelulusannya.

Dari 14 ribu yang lolos administrasi, terbagi 10.910 orang berpendidikan Sarjana S1 dan Master (S2), kemudian sebanyak 3.794 lulusan Diploma 3 dan SMA. Ujian diawasi oleh 1.120 orang yang dibagi 863 pengawas lapangan dan 157 orang sebagai koordinator.

Saat ini Pemprov Jatim memiliki 25.435 pegawai. Dari jumlah ini, tiap tahunya terdapat sebanyak 1500an pegawai yang pensiun. Karennya, seleksi semacam ini akan digelar setiap setahun sekali.

Sementara itu, selain seleksi CPNS dilingkungan pemerintah provinsi, hari ini juga seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur secara serentak juga melakukan proses seleksi tulis CPNS di daerahnya masing-masing. Ref : tempo interaktif

WhatsAppShare