Ribuan Komputer Untuk Tes CAT CPNS 2014 Dari Kemendikbud

By gladwin | July 27, 2014
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Tes CAT CPNS – Pelaksanaan Tes CPNS 2014 dipastikan menggunakan sistem CAT 100 %. Demi suskesnya perhelatan tes CAT CPNS, Kemendikbud memersiapkan 20.000 unit komputer untuk Computer Assisted Test (CAT). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengatakan, 20.000 unit komputer ini berada di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

“Ya, kami ingin mendukung proses seleksi CPNS. Bekerjasama dengan Kemenpan dan RB, PTN, BKN dan LPMP kami ingin menjaring calon aparatur yang berkualitas,” kata M Nuh dalam siaran pers, Kamis 24 Juli 2014.

Dalam penyerahan naskah soal tes CPNS kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Azwar Abubakar menjelaskan, Kemendikbud pernah melaksanakan uji kompetensi guru (UKG) dengan menggunakan komputer tersebut.

Dengan peserta sebanyak 1,3 juta guru di seluruh Indonesia, penggunaan komputer sebagai alat tes sangat menghemat biaya. Maka dari itu M Nuh tidak dapat membayangkan bagaimana dan berapa biayanya kalau ketika itu Kemendikbud memaksakan tes tulis untuk 1,3 juta guru tersebut.

Mantan Rektor ITS ini mengatakan, kelayakan komputer yang akan digunakan dalam seleksi CPNS ditinjau terlebih dahulu oleh tim panitia. Dia berharap, dengan metode CAT ini akan meningkatkan kualitas pegawai negeri sipil yang diterima.

Selain itu, sistem ini juga untuk menghindari terjadinya praktik penyimpangan seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Tidak akan lagi ada titip menitip aparatur melalui pejabat dan dogma penerimaan CPNS untuk bagaikan mesin ATM.

“PNS-PNS yang akan datang adalah orang-orang paling baik dari putera puteri bangsa kita baik dari sisi kompetensi keterampilan, pengetahuan, sikap, maupun intergritas nasionalnya, sehingga bisa memberi layanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap M Nuh.

Dalam sambutannya M Nuh memberikan catatan sangat positif dari apa yang telah digagas oleh Kemenpan dan RB tentang penerimaan CPNS yang terbuka, transparan dan bebas KKN. Rekrutmen CPNS dengan menggunakan CAT yang relatif lebih canggih, terbuka dan transparan, bebas KKN diharapkan bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Dikatakan, seleksi CPNS ini akan menyita banyak perhatian masyarakat, karena banyak diantara mereka yang ingin menjadi CPNS. Masyarakat menaruh harapan yang luar biasa kepada para peserta tes CPNS, kalau nanti diterima menjadi PNS betul betul berjiwa melayani masyarakat. “PNS yang kompetitif. Yang siap bertugas dimana saja melayani masyarakat termasuk di pelosok,” ungkapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Menpan dan RB Azwar Abubakar mengatakan kerjasama dengan Kemendikbud ini luar biasa. Melalui kerjasama ini diharapkan bisa mendapatkan putera-puteri terbaik bangsa, kompeten, berjiwa melayani, mempunyai rasa nasionalisme tinggi sehingga nantinya diharapkan memberikan pelayanan yang bagus kepada masyarakat.

“Rekrutmen CPNS ini melibatkan konsorsium besar melibatkan Kemendikbud, BKN, Badan Pengawasan Keungan dan Pembangunan (BPKP), Badan Intelijen Negara (BIN), Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT), ICW, Ombudsman RI, diharapkan betul betul bersih dari KKN,” tutupnya.

WhatsAppShare