PT. Pertamina Mengakuisisi Saham Talisman di ONWJ

By gladwin | November 14, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Pertamina ONWJ – PT Pertamina melalui anak perusahaannya, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java membeli 5 persen hak partisipasi Offshore Northwest Java (ONWJ) PSC milik Talisman Resources (North West Java).

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir menjelaskan, dengan akuisisi ini Pertamina memegang 58,28 persen hak partisipasi ONWJ PSC. Pembelian saham ini untuk meningkatkan sumber daya dan produksi di wilayah kerja sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk pertumbuhan agresif di sektor hulu.

“Nilai akuisisinya belum bisa diumumkan karena menunggu persetujuan pemerintah,” katanya saat dihubungi VIVAnews.

Sebelumnya, Pertamina pada 2009 lalu mengakuisisi 53,25 persen saham ONWJ dari BP Inggris senilai US$280 juta. Pertamina telah berhasil meningkatkan produksi minyak mentah di ONWJ dari 23.000 barel per hari pada tahun 2009 ketika Pertamina mengakuisisi kepentingan BP untuk saat ini 33.000 bph.

Akuisisi ini menambah produksi minyak dan gas Pertamina sebesar 3.380 barel setara minyak per hari. Hal ini juga akan meningkatkan cadangan Pertamina terbukti dan terkira (2P Reserve) sekitar 10,7 juta barel setara minyak.

Ia yakin proses akuisisi ini tidak akan terhambat dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan keberadaan BP Migas berlawanan dengan UUD 1945. “Kita ikuti alur saja saat ini,” paparnya.

Ali menjelaskan alasan membeli saham milik Talisman Resources ini karena dari pemegang saham ONWJ yang lain hanya Talisman yang menawarkan sahamnya kepada Pemerintah. Selain ONWJ, Pertamina juga sedang membidik kepemilikan saham di blok-blok produksi lainnya. (umi/viva)

WhatsAppShare