PT Kertas Kraft Aceh (Persero) Akan Beroperasi Pertengahan 2012

By gladwin | January 17, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

PT Kertas Kraft Aceh (Persero) diharapkan bisa efektif beroperasi pada pertengahan tahun 2012. Setidaknya ada 4 BUMN yang diharapkan berpartisipasi dalam penyelamatan KKA itu.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar empat BUMN yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam “penyelamatan” PT Kertas Kraft Aceh (Persero) (KKA) adalah PT Semen Gresik Tbk (SMGR), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Perum Perhutani dan PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA).

Komitmen dari 4 BUMN itu dalam pengoperasian kembali KKA adalah SMGR bertindak untuk menjadi offtaker atas produk kertas kraft yang akan diproduksi oleh KKA dengan mempertimbangkan kebutuhan dana yang mendesak bagi KKA. Sementara kondisi KKA sendiri belum memungkinkan memperoleh pinjaman dari bank.

“Jika swasta ada yang berminat baik luar negeri dan dalam negeri untuk ikut bisa aktifkan kembali pabrik KKA ini diberi kesempatan. Bisa-bisa dia (SMGR)¬† juga bertindak sebagai investor dengan masuknya anak semen gresik,” ujar Mustafa usai pembukaan Pembukaan Program Revitalisasi Lahan, di Sawang, Aceh Utara, Sabtu (15/1/2011).

Sementara PTBA akan berkomitmen sebagai pemasok batu bara untuk pabrik KKA. Sedangkan Perum Perhutani secara sendiri atau bersama PPA akan memberikan kontribusi berupa kontrol supply bahan baku pinus untuk KKA.

“PPA sendiri berperan untuk mengupayakan restrukturisasi dan revitalisasi KKA dan mengupayakan perolehan kontrol terhadap supply bahan baku kayu pinus,” katanya.

Mustafa mengakui kebutuhan investasi untuk menghidupkan kembali perusahaan plat merah penghasil kertas semen ini adalah sebesar Rp 800 miliar.

“Investasi Rp 800 miliar. Mudah-mudahan sudah bisa runing. Rp 800 miliar itu bisa dilakukan oleh BUMN melalui yang dikoordinir oleh PPA atau juga dibuka kesempatan untuk investor sawsta,” jelasnya.

Walaupun proses ‘penyelematannya’ sudah dimulai sejak sekarang, lanjut Mustafa, tetapi perusahaan ini diharapkan baru bisa beroperasi pada pertengahan tahun 2012. Pasalnya, masih banyak yang perlu disiapkan seperti penataan hutan untuk bahan baku.

“Sekarang sudah mulai tapi untuk hidupkan bukan pada kuartal I, ditekan tombol langsung hidup, ini persiapan dulu. Running kembali persiapan. Melengkapi komponen lebih baik, menata hutan bisa dipotong continue 20 tahun siklus. Itu yang saya sebut tadi diperkirakan kuartal I, tapi¬† tambah satu setengah tahun kemudian baru running. Kira-kira pertengahan 2012 akan beroperasi. Kalau semuanya sudah beres, pertengahan 2012 bisa beroperasi kembali,” tambah Mustafa.

KKA merupakan BUMN yang didirikan pada 1983 di Kabupaten Aceh Utara yang bergerak di bidang pembuatan kertas kraft dengan kapasitas produksi terpasang 135.000 ton per tahun, yang menghasilkan kertas kantong semen dengan bahan baku kayu pinus. Ref : detikfinance

WhatsAppShare