Proses Penerimaan Kab Anambas Diharapkan Berjalan Transparan

By gladwin | September 10, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Rekrutmen CPNS Anambas 2013 – Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diwacanakan oleh Pemkab Anambas pada tahun ini, diminta untuk lebih transparan, tanpa adanya kepentingan serta keberpihakan pada pelamar tertentu. Disamping itu, mereka juga minta hasil tes penyaringan tersebut diumumkan ke publik agar tidak terjadi salah paham.

“Harapan kita, seleksi nanti dilakukan secara baik, berkualitas, professional dan tidak didasari kepentingan, sehingga yang terjaring benar-benar punya kualitas dan kompeten, semoga penerimaan CPNS pada tahun ini bisa benar-benar transparan dan terjaga kemurniannya,” ungkap Salma beserta beberapa warga di Tarempa yang mengaku ikut sebagai peserta penerimaan CPNS 2013.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Iip Ilham Firman mengatakan, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Anambas dijamin transparan karena hal itu sudah menjadi komitmen pemerintah pusat dan daerah.

“Penerimaan CPNS tahun ini sudah di garansi transparan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), bukan daerah lagi yang mengaransi tapi pusat,”kata Iip pada wartawan kemaren.

Menurutnya, upaya keterbukaan itu di indikatornya dari ketatnya pengolahan lembar jawaban peserta di Gedung BPPT pusat di Jakarta.

Hal ini didasari pengalaman tahun lalu saat berada di Gedung BBPT Kemen PAN Jakarta, sebelum memasuki Gedung 4 lantai tesebut sudah ada penjagaan ketat oleh pihak kepolisian, intel BIN dan dengan pengawasan ketat CCTV yang ditransfer 24 jam termonitor dalam ruangan yang diisi oleh anggota KPK, ICW, Lembaga sandi Negara (LSN) dan Bareskrim Polri.

“Pengetatan itu terlihat dari hanya petugas yang boleh masuk ke Gedung BPPT. Selain itu harus mengisi daftar, jam berapa masuk, menggunakan ID card khusus panitia, dan kalau keluar juga harus menuliskan jam keluarnya. Di dalam ruangan, pihak BPPT juga sudah pasang pengaman, sehingga semua alat komunikasi tidak dapat beroperasi, tidak dapat menerima atau mengirim SMS. Akses internet juga diputus,”jelasnya.

“Saya optimis hasil tes CPNS yang akan diumumkan nanti murni. Karena proses penerimaan lembaran jawaban kerja (LJK) sampai pengolahan lembar jawaban yang dilakukan di Gedung BPPT pusat sangat ketat,” katanya.

Disampaikan, selain itu untuk ketransparanan soal ujian, Kementerian PAN-RB juga telah menunjuk konsorsium 10 perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyusun soal CPNS 2013 ini. Diantaranya Universitas Indonesia, Institue Teknologi Bandung dan PTN lainnya.

“Teknisnya, mereka (PTN,red) yang membuat soal, setelah soal dibuat diserahkan ke daerah yang telah disegel oleh Lembaga Sandi Negara (LSN) dalam bentuk CD penyerahan ini dengan pengawalan ketat, tentu kerahasiaannya di jamin oleh LSN. Setelah itu hasil ujiannya dibawa oleh Pemda ke Jakarta di antar ke Gedung BPPT juga dengan pengawalan ketat, hal ini sama dilakukan daerah pelaksanan CPNS diseluruh Indonesia,” paparnya.

Untuk itu, dalam penyelenggaraan seleksi CPNS di Anambas tahun ini, pemerintah pusat dan daerah akan melakukan pengawasan yang ketat dan transparan.

Selain itu, mengenai jadwal pengumuman formasi CPNS hingga kini belum diterima Pemda dari MenPAN, namun kepastian tanggal tes CPNS sudah diperoleh, rencananya akan dilaksanakan pada bulan ini.

“Sabtu (14/9) ini kita ada rapat di provinsi untuk koordinasi, Insyaallah pengumumannya paling lambat Senin depan. Diperkirakan minggu ke tiga dan keempat bulan ini sudah pendaftaran,” ungkapnya.

Sementara, untuk kuota jumlah formasi yang akan diumumkan sebanyak 220 formasi, di antaranya tenaga teknis 192 orang, tenaga guru 53 orang dan tenaga kesehatan 38 orang.

Disinggung terkait mengenai pengangkatan tenaga honor atau Pegawai Tidak Tetap (PTT) termasuk penerimaan bagi tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA), ia mengaku masih dalam proses perjuangan agar dapat dilaksanakan.

“Tenaga honor dan PTT yang ada saat ini prosedurnya tetap mengikuti tes yang sama dengan yang lainnya namun, mereka tetap diperhatikan oleh pemkab,” tukasnya.

WhatsAppShare