PNS Diperbolehkan Meminta Pensiun Dini

By gladwin | May 24, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Pensiun Dini PNS – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo mengatakan pemerintah merencanakan pemberlakuan peraturan pensiun dini bagi pegawai negeri sipil sebagai langkah efisiensi kinerja birokrasi. “Saat ini birokrasi kita sedang mengalami ‘over-staff’ dan ‘under-staf’, over-staff dari segi jumlah sedangkan under-staff dari segi kualifikasi,” kata Wamen.

Saat ini PNS dengan kualifikasi yang spesifik sulit ditemukan, oleh sebab itu Wamen menganggap perlu dilakukan perombakan dalam sistem perekrutan dan pensiun PNS. “Pensiun dini dilakukan untuk menghindari adanya PNS yang kompetensi dan standar jabatannya tidak memenuhi tuntutan kerja,” kata Wamen.

Sebagai langkah awal, pensiun dini akan diberlakukan sebagai penawaran sukarela kepada PNS berbasis kompetensi. Meski demikian, opsi pensiun dini masih dalam tahap pembahasan. “Kami masih memperkirakan akibatnya terhadap fiskal dan lain-lain jika nanti aturan ini diberlakukan,” katanya.

Namun demikian, Kementrian PAN-RB telah menyusun RPP yang mengatur pensiun dini, sementara untuk memperbaiki birokrasi pemerintahan, menurut Wamen, masih diperlukan program-program yang matang dan komitmen politik yang kuat. “Tapi reformasi birokrasi pasti akan dilakukan, reformasi birokrasi seperti menanam pohon karet yang baru bisa dipanen paling cepat 15 tahun mendatang,” katanya. Sumber:Antara

WhatsAppShare