Perum Pegadaian Akan Berubah Menjadi PT

By gladwin | January 3, 2012
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Status badan hukum Perum Pegadaian resmi berubah menjadi PT Pegadaian melalui Peraturan Pemerintah Nomor 51 yang diterbitkan pada 13 Desember 2011.

“Dengan berubahnya status Pegadaian menjadi PT (Perseroan Terbatas), diharapkan lebih ekspansif,” kata Dahlan Iskan, Menteri BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Menurut Dahlan, perubahan status badan hukum Pegadaian tersebut juga menjadi jalan bagi perusahaan untuk menawarkan saham kepada publik (initial public offering/IPO). “Terserah Pegadaian, kalau sudah siap IPO…ya kami izinkan,” kata Dahlan. Sementara itu Direktur Keuangan Pegadaian Budianto mengatakan meski sudah berubah status menjadi PT, namun status itu baru efektif dalam 3 bulan ke depan.”Pegadaian harus menyelesaikan audit penutupan saldo Perum, untuk selanjutnya dibuat neraca awal PT Pegadaian dan akte pendirian perseroan,” tegasnya.

Penyelesaian neraca awal Pegadaian akan rampung pada kuartal I 2012 oleh auditor yang ditunjuk pemerintah.Dengan begitu, ujar Budianto,  PT Pegadaian akan efektif pada awal April 2012 atau setelah anggaran dasar diserahkan kepada pejabat yang berwenang.

WhatsAppShare