Penyerahan SK CPNS Merangin Formasi 2009-2010

By gladwin | August 17, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Sebanyak 241 CPNS (calon pegawai negeri sipil), angkatan tahun 2009/2010 diambil sumpahnya sebagai abdi negara sekaligus menerima SK PNS. Pengambilan sumpah dan janji PNS serta penyerahan SK PNS dilaksanakan di Kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Merangin, Senin (15/8). Kepala BKD Suhaibi, memimpin secara langsung kedua prosesi tersebut.

Dalam sambutannya, Suhaibi mengatakan, setelah CPNS diambil sumpah dan menerima SK PN (pegawai negeri), berarti telah terikat dengan aturan-aturan yang berlaku. Sebagai PNS, harus mentaati dan menjunjung tinggi aturan.  Selain itu, pegawai juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat.

Dijelaskannya, pengambilan sumpah dan janji itu adalah wajib bagi seluruh PNS, karena sumpah dan janji tersebut merupakan janji kepada Tuhan, bangsa dan negara, janji kepada masyarakat, serta janji kepada diri sendiri yang senantiasa selalu taat kepada aturan-aturan yang mengikat.

“Sumpah dan janji, hakikatnya bukan saja merupakan kesanggupan, melainkan tugas sebagai PNS. Selain itu, juga merupakan kesanggupan kepada Tuhan untuk senantiasa taat kepada perintah-Nya dan mejauhi segala larangan-Nya,” ujar Suhaibi.

Lanjutnya, sebagai PNS yang dipercaya dan diberi amanah menjadi abdi negara dan abdi masyarakat, para pegawai juga harus memiliki moral yang baik, berwibawa, berdaya guna, disiplin, dan sadar akan tanggungjawab terhadap penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan.

“Kemajuan Kabupaten Merangin ke depan bergantung di pundak kalian, karena kalianlah generasi penerus yang akan meneruskan jalannya roda pemerintahan. Sementara kami, tidak lama lagi akan memasuki masa pensiun,” tutur Suhaibi.

Suhaibi kemudian berpesan kepada para pegawai yang baru saja diambil sumpah dan kemudian menerima SK, agar melaksanakan tugas secara ikhlas, jujur, berdedikasi tinggi serta bertanggungjawab. Dengan demikian, penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Merangin berjalan sesuai dengan tuntutan otonomi daerah.

“Saya harap kepada saudara-saudara yang baru saja diambil sumpahnya, agar sumpah dan janji yang diikrarkan jangan hanya sebatas ucapan saja, tetapi menyangkut rasa tanggungjawab yang harus dibuktikan dengan perbuatan,” tegasnya.

Penegasan kembali disampaikan Suhaibi saat ditemui Tribun seusai acara. Menurutnya, sebagai seorang pegawai itu harus siap sedia ditempatkan di mana saja.

“Dalam sumpah dan janji itu kan disebutkan, bersedia ditempatkan di mana saja. Jadi, kalau nanti ada yang diminta ke Jangkat, tentu harus siap,” ujarnya.

Ditanya mengenai apakah ada kemungkinan para CPNS yang sudah resmi menjadi PNS, ada yang terkena rolling untuk ditempatkan di daerah yang jauh, Suhaibi menyatakan, untuk sementara ini belum ada. “Masih sesuai dengan formasi awal dulu, dimana mereka ditempatkan, namun tidak menutup kemungkinan, bisa dipindah ke SKPD lain, tergantung kebutuhan,” katanya. Ref : trubunjambi

WhatsAppShare