Pengumuman Penerimaan Taruna STMKG – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

By gladwin | April 14, 2016
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Pendaftaran Sipencatar STMKG / AMG – informasicpnsbumn.com – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang dahulu bernama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

AMG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG). Kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta; kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG berstatus di bawah Pusat Meteorologi dan Geofisika.

Pengumuman Pendaftaran Sipencatar STMKG

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) menerima para pemuda / pemudi Warga Negara Indonesia untuk dididik menjadi Taruna Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut :

Jenjang dan Program Studi

Jenjang Sarjana Sains Terapan dengan Program Studi :

  1. Program Studi Meteorologi,
  2. Program Studi Klimatologi,
  3. Program Studi Geofisika, dan
  4. Program Studi Instrumentasi.

Persyaratan Umum :

  • Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata.
  • Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2016 ( lahir setelah tanggal 31 Agustus 1993 sebelum tanggal 31 Agustus 1999).
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  • Bebas narkoba.
  • Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima.
  • Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  • Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Kemenpan RB : http://panseldikdin.menpan.go.id dan Panitia PTB-STMKG-2016 dengan alamat : http://ptb.stmkg.ac.id.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan antara tanggal 21 Maret 2016 sampai dengan tanggal 22 April 2016
  3. Calon harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh persyaratn umum. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak akan diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  4. Tata Cara pendaftaran dapat dilihat pada alamat website Panitia PTB-STMKG-2016 tersebut diatas.

Jenis Seleksi

  1. Test Kemampuan Dasar (TKD)
  2. Test Kemampuan Akademik (TKA) untuk matapelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris.
  3. Seleksi Kesehatan dan Wawancara.

Catatan :

  • Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB-STMKG-2016
  • Test Kemampuan Dasar (TKD) dan Test Kemampuan Akademik (TKA) melalui sistim CAT (Computer Assisted Test) di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat dan Regional.
  • Hasil-hasil Seleksi akan diumumkan melaluai website Panitia PTB-STMKG-2016.
  • Biaya pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun.
  • Keputusan Panitia PTB-STMKG-2016 pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Sumber

Info Pendaftaran Taruna STMKG persembahan informasicpnsbumn.com. Semoga bermanfaat

WhatsAppShare