Pengumuman Pendaftaran Taruna Sekolah Dinas Kementerian (Lembaga RI)

By gladwin | March 23, 2016
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Info CPNS SMA – Bagi anda lulusan SMA dan ingin menjadi seorang CPNS, tidak ada salahnya mewujudkan impian anda dengan mengikuti pendidikan di sekolah kedinasan. Walaupun setelah lulus tidak 100% menjadi CPNS akan tetapi peluangnya tentu lebih besar daripada mengikuti seleksi jalur umum.

Tahun 2016 ini Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat sangat berpeluang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) karena Pemerintah membuka kesempatan seleksi di Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) yang dimiliki 7 Kementerian/Lembaga (K/L).

Jumlahnya bahkan mencapai ribuan yaitu sebanyak 5.940 kursi calon mahasiswa. Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan pendaftaran kali ini dilakukan secara online. Dia memastikan tidak ada satu orang atau pihak manapun yang bisa membantu kelulusan calon peserta seleksi.

“Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 7 kementerian/lembaga pendidikan dinas. Apabila mendaftar di dua atau lebih, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur,” kata Atmadji.Proses pendaftaran secara online akan mulai dilakukan pada hari ini, (Selasa, 15 Maret) sampai dengan 27 Mei 2016.

Menurut Atmadji, pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dilakukan setelah peserta dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan. Penempatannya pada jabatan tertentu dilakukan berdasarkan usulan dari K/L yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

Jadi, meskipun sudah diterima di lembaga pendidikan ikatan dinas tersebut, tidak otomatis diangkat menjadi CPNS, tegas Atmaji.

Daftar LPID yang menerima lulusan SMA atau sederajat:

  1. Badan Pusat Statistik (STIS)
  2. Lembaga Sandi Negara (STSN)
  3. Kementerian Keuangan (PKN STAN)
  4. Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan AKIP)
  5. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
  6. Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
  7. Kementerian Perhubungan (STTD)

Jadwal Penerimaan

NO. INSTANSI STATUS JADWAL
1 Kementerian Keuangan (PKN STAN) Sudah Dibuka 21 Maret – 3 April 2016
2 Kementerian Dalam Negeri (IPDN) Belum dibuka 29 Maret – 25 April 2016
3 Kementerian Perhubungan (STTD) Belum dibuka 4 april - 27 Mei 2016
4 Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP) Sudah Dibuka 21 Maret – 4 Mei 2016
5 Badan Pusat Statistik (STIS) Sudah Dibuka 1 Maret – 30 April 2016
6 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) Sudah Dibuka 21 Maret – 22 April 2016
7 Lembaga Sandi Negara (STSN) Sudah Dibuka 15 Maret – 30 maret 2016

Tata Cara Pendaftaran

  1. Buka portal http://panseldikdin.menpan.go.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, nomer Kartu keluarga dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  4. Akan terbuka halaman pemberitahuan “Registrasi Berhasil” dan akan terunduh otomatis lembaran/”struk” bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan bisa dalam bentuk cetak/print dan berkas/”file” nya.

Jadi bagi yang tertarik silakan menuju laman di bawah ini :

Catatan Penting :

  • SELEKSI: Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Untuk mempelajari sistem tes dengan CAT anda bisa kunjungi : http://ujian.latihansoal.com
  • ALAMAT E-MAIL: Calon peserta seleksi hanya dapat mengikuti proses pendaftaran di Portal ini dan wajib mempunyai alamat surat elektronik (e-mail) yang masih berlaku.
  • PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak diproses lebih lanjut.
  • PENDAFTARAN HANYA DI SATU INSTANSI: Calon peserta seleksi hanya diberikan kesempatan untuk mendaftar di salah satu instansi sesuai dengan peminatannya.
  • Bagi calon siswa yang sudah mendaftar salah satu Kementerian/Lembaga termasuk BIN sebelum pengumuman ini dimungkinkan untuk mendaftar lagi di Kementerian/Lembaga lain sesuai peminatannya.
  • PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/ Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Harap calon peserta seleksi membacanya secara cermat dan teliti.
WhatsAppShare