Penerimaan Lowongan CPNS 2012 Harus Didahului Penataan Organisasi

By gladwin | September 4, 2011
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Evert Erens Mangindaan mengatakan, membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2012, tetapi harus didahului penataan organisasi.

“Penataan organisasi ini akan dilakukan di pusat dan daerah mulai September-Oktober 2011 dan dalam penerimaan pada 2012 ini akan diprioritaskan mana yang dibutuhkan, seperti tenaga guru dan kesehatan, ” kata Mangindaan, di Manado, Sabtu.

Mangindaan menjelaskan penataan penataan organisasi ini wajib dilakukan oleh semua instansi baik di pusat maupun daerah supaya sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing, dan jelas apa kebutuhannya.

Mangindaan mencontohkan Dinas Pertanian di kabupaten dan kota itu berbeda, karena karakteristik daerahnya berbeda, sehingga jumlah pegawai yang dibutuhkan juga pasti berbeda, sehingga ada perbedaan dalam penerimaan nanti. Sementara kalau kota menurut Mangindaan pasti lebih mengutamakan jasa, karena memang ini yang akan diprioritaskan.

“Jika penataan sudah selesai, maka Desember nanti baru akan ditentukan berapa sebenarnya kebutuhan pegawai kita, jangan sampai melakukan penerimaan dan tidak sesuai dengan kebutuhan, seperti guru yang direkrut tapi kemudian ada di belakang meja, kan itu mubazir namanya,” kata Mangindaan.

Menpan menegaskan pemerintah tidak kaku dalam penerimaan CPNS, tetapi memang akan memprioritaskan mana yang perlu, kalau memang di satu daerah sudah kelebihan tenaga administrasi, ada baiknya dipindahkan ke daerah yang masih kekurangan dan butuh tambahan pegawai.

Namun Mangindaan mengatakan jika memang satu daerah belanja pegawainya di bawah 50 persen, kesempatan masih terbuka untuk mereka menerima PNS tetapi dengan prioritas dan kalau memang masih perlu.

Sementara Wali Kota Manado, Vicky Lumentut mengatakan sangat siap melaksanakan moratorium tersebut, karena memang ini adalah keputusan nasional jadi mereka wajib melaksanakannya.

“Penggajian para PNS ini kan berasal dari APBN hingga menjadi beban nasional, jadi daerah hanya melaksanakan saja, kalau ditunda akan dilakukan kalau dibuka juga akan dilakukan, sesuai dengan penegasan pemerintah pusat,” kata Lumentut.

Kota Manado sendiri sampai 2011 ini sudah memiliki 8.716 pegawai dengan rincian guru sebanyak 4.796 orang, tenaga kesehatan 413 dan tenaga teknis sebanyak 3.427. (TMA/Ant)

WhatsAppShare