Pemprov Riau Mengusulkan 8.000 Honorer Menjadi CPNS

By gladwin | March 7, 2012
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

CPNS Honorer Riau – Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan pengangkatan 8.000 honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2012. Usulan tersebut disampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, H Wan Syamsir Yus kepada Riau Pos (JPNN Grup) mengatakan usulan tersebut disampaikan, mengingat adanya sinyal dari Pemerintah Pusat untuk pengangkatan tenaga honorer di daerah.

“Sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat. Ini sudah disetujui Gubri, tinggal persetujuan Kemenpan-RB. Namun kita tidak dapat memastikan berapa yang disetujui oleh pusat,” ungkap Wan Syamsir.

Saat ditanyakan jumlah 8000 yang tergolong besar, dia mengatakan jumlah tersebut tentunya sudah dengan pertimbangan yang matang. Pasalnya pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS diharapkan dapat membantu dalam optimalisasi kinerja aparatur pemerintah daerah.

“8000 itu sudah semunya. Sebagian besar merupakan guru honor. Termasuk juga yang ada di satker,” papar Wan Syamsir.

Lebih jauh saat ditanyakan mengenai jumlah 8000 usulan termasuk usulan Kabupaten/Kota se Riau, dia menegaskan bahwa usulan tersebut hanya untuk Pemprov Riau. ” Jumlah itu bisa saja bertambah, karena Kabupaten/Kota juga akan melakukan pengusulan ke Pusat,” imbuh Sekda.

Sebelumnya, Kepala Bidang Administrasi dan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah Riau, Suratno mengatakan ada dua kelompok honorer di Pemprov Riau. Yakni Pertama termasuk kategori yang tercecer untuk data base tahun 2005 dengan jumlah 153. Kategori pertama ini sudah di verifikasi BPKP dan BKN Pusat. Sedangkan kategori kedua berasal dari tahun 2005 keatas dengan jumlah mencapai 127 orang. Hanya saja, untuk kategori kedua ini sistem penggajiannya tidak berasal dari APBD maupun APBN. Melainkan dari kegiatan yang dilaksanakan di satker.

Untuk proses pengangkatan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau akan menempuh langkah yang diinstruksikan oleh Pemerintah Pusat, yaitu dengan melakukan tes kompetensi untuk melihat kemampuan calon aparatur pemerintah. Ref:rio/fuz/jpnn

WhatsAppShare