Pemerintah Membutuhkan 250 Ribu CPNS Baru

By gladwin | October 16, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Kebutuhan CPNS – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan (PAN) Reformasi Birokrat memastikan penghentian sementara atau moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) akan berakhir tahun ini. Mulai tahun depan, pemerintah akan kembali membuka Calon PNS baru.

Keputusan untuk menghentikan moratorium PNS ini muncul setelah adanya evaluasi terhadap pelaksanaan program tersebut.

“Cukup dua tahun ini, tahun depan terima biasa,” kata Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 16 Oktober 2012.

Azwar menjelaskan, penerimaan PNS telah berhenti sejak tahun 2011 lalu di mana pemerintah tak menerima sama sekali pegawai baru. Tahun ini, pemerintah membatasi penerimaan sebanyak 13 ribu PNS ditambah 3 ribu.

Diperkirakan setiap tahun terdapat sekitar 130 ribu PNS yang memasuki usia pensiun. Dengan kondisi itu, pemerintah memperkirakan kebutuhan pegawai baru mencapai 250 ribu orang PNS.

Kendati kembali membuka penerimaan Calon PNS mulai tahun depan, Azwar memastikan proses pengajuan oleh kementerian atau lembaga akan dilakukan secara ketat. Salah satunya adalah belanja pegawai tidak boleh melebihi 50 persen dari anggaran. “Jika sudah lebih, akan kami tolak,” kata dia.

Pemerintah juga akan menetapkan skala prioritas penerimaan Calon PNS. Skala ini memperhitungkan kebutuhan dan tingkat pendidikan pegawai yang diperlukan.

“Kalau ada permintaan daerah, kami akan pertimbangan dan analisa apakah akan sesuai kebutuhan atau tidak,” kata Azwar. Ref:eh/viva

WhatsAppShare