Pemerintah Akan Privatisasi Empat BUMN Pada Tahun 2011

By gladwin | March 6, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Pemerintah menyatakan akan ada empat BUMN yang akan diprivatisasi tahun 2010. Keempatnya adalah PT Semen Baturaja (Persero), PT Cambrics Primissima, PT Kertas Padalarang, dan PT Sarana Karya.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan privatisasi akan dilakukan melalui penjualan strategis (strategic sales) dengan target raupan dana Rp 340 miliar. “Rencana privatisasi yang murni diputuskan tambah 1 sebelumnya 3 akhirnya total tahun ini 4. Keempatnya ini yang jadi program 2011,” kata dia di Jakarta, Kamis (3/3).

Mustafa menjelaskan, sudah ada pihak yang menawar dua di antara BUMN tersebut. Misalnya, PT Cambrics Primissima akan dibeli oleh Gabungan Koperasi Batik Indonesia (GKBI) dan Kertas Padalarang oleh Perum Peruri. Sementara untuk Sarana Karya masih akan ditawarkan ke beberapa pihak.

Sementara, untuk PT Semen Baturaja (Persero), pemerintah berniat melepas 30% kepemilikan saham di BUMN tersebut melalui mekanisme penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO). Pemerintah, kata Mustafa, menargetkan dapat meraup dana hingga Rp 1 triliun dari IPO itu.

Mustafa menambahkan, privatisasi Semen Baturaja akan dilaksanakan pertengahan tahun 2011 ini. “Segera, ini kan sedang dilakukan persiapan. Yang jelas tahun ini. Kita usahakan semoga bisa semester satu. Nanti akan diusulkan kepada DPR. Prosesnya masih panjang, tapi kita usahakan tahun ini,” jelas dia. Ref : suara merdeka

WhatsAppShare