Pemda Kelebihan PNS Tidak Boleh Merekrut CPNS Lagi

By gladwin | February 22, 2013
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

CPNS Daerah 2013 – Pemerintah kembali membuka keran penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini sebanyak 60 ribu orang, dengan proporsi sebesar 40 ribu di daerah, dan 20 ribu pusat. Meski begitu, tidak semua daerah boleh melakukan rekrutmen PNS.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto menjelaskan, pemerintah tetap menerapkan zero growth, pada penerimaan PNS. Artinya, penerimaan PNS akan dilakukan sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun. Kebijakan ini akan ditempuh dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth.

Dia menjelaskan, minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebh dari 50 persen APBD untuk kabupaten atau kota. Sementara bagi provinsi, rasio belanja pegawainya yang lebih dari 30 persen APBD.

“Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40–50 persen dari APBD (kab/kota), dan 25–30 persen (untuk provinsi),” jelas Tasdik, seperti dikutip dari situs Setkab, Jumat (22/2/2013).

Sementara yang alokasi formasinya lebih besar dari jumlah PNS yang pensiun, hanya diperbolehkan bagi instansi atau Pemerintah Daerah yang jumlah pegawainya sangat kurang, rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen dari APBD (Kab/kota), dan untuk provinsi yang rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen.

Dia menambahkan, instansi yang tidak memiliki tenaga honorer kategori I maupun kategori II juga menjadi pertimbangan. Selain itu, dipertimbangkan juga rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan. (mrt/okezone)

WhatsAppShare