Pelamar CPNS 2010 Pemko Medan Harap Cek Email

By gladwin | December 8, 2010
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2010 di lingkungan Pemerintah Kota Medan hendaknya memeriksa email masing-masing. Mulai hari ini (8/12) Panita penerimaan CPNS mengirim 18 ribuan nomor ujian, ke alamat email pelamar. Nomor ujian itu menjadi bukti kepesertaan, mengikuti ujian 15 Desember mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Medan, Lahum mengatakan panitia mengirimkan nomor dan alamat ujian langsung ke email pelamar. “Peserta nanti mencetak nomor ujian nya sendiri, setelah pihak panitia mengirimkan nomor ujian ke masing-masing alamat email pelamar,” kata Lahum, Sabtu kemarin di ruang kerjanya.

Diakuinya, 18 ribu nomor ujian yang dikeluarkan panitia tidak sebanding dengan 24 ribuan pelamar secara online. Banyak hal yang menyebabkan sekitar enam ribuan pelamar tidak bisa ikut ujian, misalnya hingga hari terakhir (4/12), berkas lamaran belum sampai ke tangan panitia. “Berkas yang sampai ke panitia hanya 20 ribuan. Sedangkan 4 ribuan lainnya kita prediksi hanya coba-coba” kata Lahum.

Lahum mengatakan, panitia CPNS tahun 2010 telah memberikan toleransi dan kemudahan bagi para pelamar, misalnya, sesuai mekanisme, setelah lulus seleksi berkas pelamar harus mengaktivasi kesediaanya untuk mengikuti ujian. Namun tahapan itu hanya dilakukan sekitar sembilan ribuan pelamar. “Tahapan ini dihapuskan utuk kemudahan,” katanya.

Ada juga pelamar tanpa register online, sekitar 700 berkas dikirimkan langsung. “Apa yang mau dibuatkan. Sebenarnya itu mengganggu sistem. Tapi, karena ini perdana, kita toleransi lah,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan Kota Medan menambahkan, lokasi ujian, Pemko Medan akan memanfaatkan ruang SMP, SMA dan SMK negeri, kecuali di daerah Marelan dan Belawan. “Pertimbangannya, sekolah yang jauh dari kota, tidak diikutkan,” katanya seraya menambahkan anggaran yang dialokasikan untuk penerimaan CPNS ini sebesar Rp 1 miliar dengan asumsi pelamar mencapai 40 ribu peserta.

Pengamat sosial dari Universitas Sumatera Utara, Prof Badaruddin menilai besarnya peminat di empat jurusan tersebut disebabkan formasi pendidikan tersebut hampir ada di semua perguruan tinggi. “Sehingga alumni dari jurusan tersebut banyak. Ini sama dengan jurusan pertanian tahun 80-an,” katanya.

Dengan posisi seperti ini sambungnya, dibandingkan 40 formasi lainnya yang tersedia di lingkungan Pemko Medan, posisinya  berimbang.“Hampir sama dengan formasi lainnya. Hanya saja keempat formasi tersebut persaingannya lebih ketat,” tandasnya. Ref : harian global

WhatsAppShare