Home » Berita CPNS » Pegawai Universitas Maritim Raja Ali Haji UMRAH Berpeluang Menjadi CPNS

Pegawai Universitas Maritim Raja Ali Haji UMRAH Berpeluang Menjadi CPNS

Share
BERITA PENTING !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Menjadi CPNS tidak hanya melalui seleksi penerimaan CPNS saja. Dengan menjadi atlet berprestasi maupun menjadi Tenaga Honorer terlebih dahulu juga bisa menjadi CPNS. Sepertinya ada lagi cara untuk menjadi CPNS yaitu mengubah PTS menjadi PTN.

Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Maswardi M. Amin mengusulkan kepada pemerintah agar karyawan dan dosen UMRAH bisa dijadikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini terkait setelah diresmikannya UMRAH sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh.

“Setelah UMRAH dijadikan sebagai PTN, hanya ada satu permintaan kami. Yakni, agar sebanyak 137 karyawan kami termasuk dosen dapat dijadikan CPNS,” terang Maswardi ketika ditemui usai acara peresmian penegerian UMRAH di Kantor Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Tanjung Pinang, Pulau Bintan, Kepri, Senin (26/12).

Maswardi mengungkapkan, selama ini karyawan dan jajaran dosen UMRAH berstatus pegawai swasta yang dibawah yayasan. “Saya kira usulan yang disampaikan ini tidaklah begitu banyaknya jumlahnya. Apalagi ini juga demi pengembangan pendidikan di UMRAH,” tandasnya.

Menanggapai hal tersebut, Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN&RB), Eko Prasojo mengatakan, pihaknya akan segera mempelajari dan mengkaji usulan tersebut. “Kita pelajari terlebih dahulu. Kalau di dalam SKB Menteri memang dijelaskan bahwa untuk tenaga pendidik diukecualikan sehingga kemungkinan itu ada. Karena ini kan masalah pendidikan,” ungkap Eko yang juga turut hadir di dalam acara peresmian penegerian UMRAH.

Namun begitu, Eko mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan pengangangkatan CPNS tersebut khusus untuk dosen. “Tapi mungkin yang kita prioritaskan itu lebih kepada tenaga pendidiknya ya. Kalau tenaga kependidikan atau karyawan kan memang  belum masuk pengecualian,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Eko,  pihaknya bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sesegera mungkin akan menyusun mekanisme pengangkatan CPNS bagi dosen UMRAH ataupun dosen perguruan tinggi negeri yang baru diresmikan lainnya. Menurutnya, pemerintah berprinsip untuk mendorong dan mendukung hal ini demi peningkatan SDM tenaga pendidik.

“Hingga saat ini, sebagian dari dosen-dosen di perguruan tinggi negeri yang baru diresmikan sebelumnya sudah dijadikan CPNS. Ini kan memang harus dilakukan secara bertahap. Tapi prinsipnya, kami mendukung proses penegerian perguruan tinggi ini. Bahkan bila perlu, jika rasio dosennya di UMRAH kurang, maka akan kami tambahkan. Kita berharap ini akan membantu percepatan peningkatan SDM di daerah ini,” jelasnya. Ref:cha/jpnn

Share
Download Soal Tes CPNS 2014