Menurut Kemenpan Terdapat Kecurangan CPNS 2010 di 40 Daerah

By gladwin | February 18, 2011
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2017, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mencurigai adanya kecurangan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 40 daerah. Tim investigasi diterjunkan untuk menyelidiki dugaan kecurangan ini.

Menurut Deputi SDM Aparatur Negara Kementerian PAN, Ramli Naibaho, laporan kecurangan 40 daerah itu berasal dari laporan LSM, masyarakat dan media yang sudah diklarifikasi.

Beberapa indikasi kecurangan yaitu peserta yang lulus seleksi CPNS namun tidak ikut ujian, rekayasa nilai ujian, atau suap. Ramli juga mencermati modus lain seperti panitia tidak melaporkan hasil ujian kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sesuai aturan, hasil tes yang biasanya bekerjasama dengan Perguruan Tinggi itu dilaporkan ke BKN. Namun terdapat 3 daerah yang memanipulasi hasil tes dari Perguruan Tinggi, lalu baru dikirim ke BKN. “Dari 40 daerah itu terdapat 3 daerah yang tidak memberikan tembusan kepada BKN,” ujarnya.

Dia menambahkan pemerintah terus akan membenahi sistem penerimaan CPNS untuk menghindari adanya celah permainan.  Selama ini dalam penerimaan CPNS, selalu dirasakan adanya permainan namun hal itu sulit dibuktikan. “Kami rasakan ada kayak angin, tapi tidak bisa kita lihat. Kalau bisa dilihat bisa diusut,” ujarnya.

Ramli menyebutkan 40 daerah itu tersebar di berbagai provinsi yaitu Sumatera Utara (6 kabupaten/kota), Jambi (8 kabupaten), Sumatera Barat (2 kabupaten), Riau (1 kabupaten), Bangka Belitung, Lampung, Kalteng, Banteng, Jawa Barat, NTB (4 kabupaten). Sulawesi Utara (3 kabupaten), Sulawesi Selatan (2 kabupaten), Maluku (2 kabupaten), Maluku Utara, Jawa Timur (3 kabupaten), Sulawesi Barat, Jawa Tengah (3 kabupaten). (hs) Ref : VIVAnews

WhatsAppShare