Mendaftar CPNS ESDM Bisa Pilih 3 Posisi

By gladwin | September 19, 2013
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Pendaftaran CPNS ESDM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang membuka 561 lowongan bagi para lulusan D-3 hingga S-2 dari berbagai jurusan. Dalam pengumumannya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno menyebut, pihaknya menyediakan 561 formasi CPNS dari jalur umum untuk menduduki berbagai posisi jabatan. Mulai dari surveyor, operator kilang, teknisi laboratorium, analis, hingga inspektur.

“Lowongan ini terbuka untuk lulusan D-3, S-1, dan S-2 dari berbagai jurusan. Mulai ilmu hukum, komunikasi, Hubungan Internasional, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, hingga berbagai program studi teknik, yaitu Teknik Sipil, Teknik Metalurgi, Teknik Geodesi, Teknik Pertambangan, dan sebagainya,” tulis Waryono, seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (19/9/2013).

Setiap pelamar, lanjutnya, boleh memilih tiga pilihan jabatan sesuai prioritas. Namun, mereka harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0 untuk S-2, dan 2,75 untuk jenjang D-3 dan S-1. Selain itu, pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan Toefl ITP/Paper Based Toefl minimal 450 yang setara dengan Computer Based Toefl minimal 133, Internet Based Toefl minimal 45. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan Sastra Inggris, harus memiliki Toefl ITP/Paper Based Toefl minimal 550 yang setara dengan Computer Based Toefl minimal 213, Internet Based Toefl minimal 79.

Formulir pendaftaran CPNS Kementerian ESDM tahun anggaran 2013 beserta nomor registrasinya dicetak langsung dari pendaftaran online. Adapun pendaftaran secara online dimulai sejak 13 September dan berakhir pada 27 September mendatang.

Surat lamaran ditulis tangan sendiri memakai tinta hitam (bukan ballpoint) di atas kertas segel atau kertas biasa bermeterai Rp6 ribu. Surat tersebut ditujukan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dengan melampirkan sejumlah berkas sebagai berikut :

  1. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir.
  2. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih berlaku.
  3. Pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar (hitam putih dan tidak berkaca mata).
  4. Nama pelamar ditulis lengkap beserta dengan gelar akademik.
  5. Alamat pelamar harus ditulis secara lengkap dan jelas dengan mencantumkan kode pos, nomor telepon/handphone, dan alamat email.
  6. Persyaratan khusus lainnya dapat dilihat pada lampiran pengumuman

Untuk pendaftaran online foto harus diunggah dalam format *.jpg dengan dimensi tinggi 320 px, lebar 240 px, dan ukuran maksimal 60Kb. Saat pengisian, pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk tertulis. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas lamaran mengakibatkan ketidaklulusan proses seleksi administrasi.

Cetak formulir pendaftaran CPNS yang ditampilkan dan kemudian tanda tangani. Pastikan untuk melengkapi dengan seluruh dokumen pendukung yang dipersyaratkan, serta dokumen-dokumen lain (bila ada).

Kirimkan berkas lamaran kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun Anggaran 2013 melalui pos tercatat 30 September 2013 (CAP POS), serta sudah harus diterima Panitia maksimal 2 Oktober 2013. Adapun berkas lamaran ditujukan kepada:

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS
KESDM Tahun 2013
PO BOX 1707 JKP 10017. (ade/okezone)

WhatsAppShare