Mahasiswa Diajak Menjadi Wirausahawan Bukan PNS

By gladwin | June 19, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Wirausaha Mahasiswa – Di hadapan 1.950 mahasiswa dan dosen dari 28 perguruan tinggi di Jakarta dan kota besar di Indonesia yang mengikuti kegiatan National Lecturer Series (NLS), Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mendorong mahasiswa untuk bercita-cita menjadi wirausahawan. Bukan hanya berambisi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurutnya, sebagai PNS akan lebih sulit untuk bisa mencapai posisi puncak. Semisal Walikota, Gubernur, Menteri, bahkan Presiden. “Cita-cita saya seluruh mahasiswa Indonesia tidak lagi sebagai pencari kerja. Harusnya mereka jadi pengusaha. Program ini yang harus dimulai ketika mereka mahasiswa,” ungkap Musliar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (19/6).

Pemikiran bahwa menjadi PNS akan aman dari sisi finansial, menurutnya tidak benar. Justru sebaliknya, dengan menjadi pengusaha akan membawa hidup lebih aman dari sisi finansial untuk kehidupan di masa yang akan datang.

“Ketika menjadi mahasiswa, lebih bagus menjadi pengusaha. Kalau mau aman di Indonesia itu lebih aman jadi pengusaha. PNS sukses jadi Kepala Dinas dan Sekda tapi ketika ikut Pilkada (pemilihan kepala daerah), kalah. Kalau pengusaha, itu ikut partai ketika Pilkada, menang,” tuturnya.

Musliar mencontohkan Gita Wirjawan sebagai salah satu contoh sosok yang menempati posisi teratas di Kementerian Perdagangan meskipun latar belakang Gita bukan sebagai PNS.

“Sekarang dari PNS jarang yang menjadi menteri, cuma 1 mantan gubernur kita. Nah, coba lihat pengusaha yang menteri, sangat banyak,” tutupnya.

WhatsAppShare