Tag Archives: pensiun dini pns

PNS Diperbolehkan Meminta Pensiun Dini

By gladwin | May 24, 2013

Pensiun Dini PNS – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo mengatakan pemerintah merencanakan pemberlakuan peraturan pensiun dini bagi pegawai negeri sipil sebagai langkah efisiensi kinerja birokrasi. “Saat ini birokrasi kita sedang mengalami ‘over-staff’ dan ‘under-staf’, over-staff dari segi jumlah sedangkan under-staff dari segi kualifikasi,” kata Wamen. Saat ini PNS dengan kualifikasi yang spesifik sulit… Read More »

Setelah Moratorium CPNS Giliran Konsep Pensiun Dini Dimatangkan

By gladwin | August 25, 2011

Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, serta Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi resmi menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai penghentian sementara penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang  dilaksanakan di hadapan Wakil Presiden Boediono di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (24/8). Mendagri Gamawan Fauzi menjelaskan, di masa jeda ini, pemerintah akan mengkaji sejumlah persoalan kepegawaian, termasuk mengenai masalah… Read More »

PNS Daerah Juga Diperbolehkan Pensiun Dini

By gladwin | July 7, 2011

Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengatakan wacana pensiun dini pegawai negeri sipil (PNS) tidak hanya untuk pusat, namun juga daerah. “Yang pertama di Kemenkeu,” kata Anny di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Kamis, 7 Juli 2011. Menurut dia, progam pensiun dini PNS merupakan program besar reformasi pusat, sehingga tidak hanya dilakukan pemerintah pusat, namun juga di daerah. Program… Read More »

PNS Pensiun Dini Dapat Pesangon Besar

By gladwin | June 23, 2011

Kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang memilih pensiun dini. Alasannya, Kementerian Keuangan sedang mempertimbangkan pemberian pesangon yang bakal menjamin pegawai berusaha di kegiatan lainnya. “Kan kalau di perusahaan juga ada semacam golden shake hand gitu ya, penggantian untuk dia tetap bisa (bekerja) untuk kegiatan lain dari dana yang dia dapat,” kata Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati,… Read More »

Pensiun Dini PNS Tak Produktif

By gladwin | June 23, 2011

Pemerintah melalui Menteri Keuangan menilai jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Pembengkakan jumlah PNS berpengaruh besar terhadap Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). Untuk itu, pemerintah disarankan melakukan pensiun dini terhadap PNS yang kurang produktif untuk mengurangi beban. “Saya lebih setuju jika dilakukan pensiun dini karena beban dapat lebih berkurang,” kata pengamat ekonomi… Read More »