Home » Berita CPNS » Lowongan Damkar DKI Masih Terbuka

Lowongan Damkar DKI Masih Terbuka

Share
HOT INFO !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Info Lowongan CPNS Damkar - Pemprov DKI Jakarta akan menambah kekuatan personel petugas pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana (damkar dan PB) di DKI Jakarta. Rencananya, akan ada penambahan 1.000 petugas damkar.

Kepala Dinas Damkar dan PB DKI Jakarta Subejo mengatakan sudah lama Dinas Damkar dan PB DKI mengalami kekurangan personel dalam menangani bencana kebakaran dan bencana yang terjadi di Jakarta.

“Memang kita kekurangan personel. Tetapi kedepan, kita akan mengupayakan permohonan penambahan personel. Karena berdasarkan analisa jabatan, dinas kami telah dialokasikan personel sebanyak 4035 orang. Kalau sekarang, baru 3003 orang. Jadi masih ada kekurangan 1032 orang lagi,” kata Subejo usai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Damkar dan PB DKI ke-94 di Pusdiklatkar Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (1/3).

Kehadiran 1035 personel baru ini diharapkan dapat mendukung tugas Damkar dan PB dalam menganggulangi kebakaran dan bencana yang terjadi di Jakarta.

Karena itu, dia berharap penambahan personel dapat dilakukan pada tahun ini sehingga bisa melengkapi ketersediaan alat-alat pemadam kebakaran yang disesuaikan dengan jumlah personel yang ada.

Sambil menunggu proses penambahan personel damkar, pihaknya akan berupaya menutupi kekurangan petugas pemadam kebakaran dengan memaksimalkan peran serta masyarakat dalam bentuk barisan relawan kebakaran (balakar) yang ada di setiap lingkungan masyarakat.

Kolaborasi antara petugas damkar dan balakar ini, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya peristiwa kebakaran di pemukiman masyarakat.

“Untuk formatnya seperti apa, kolaborasinya masih kita kaji. Jadi nanti antara petugas reguler dengan masyarakat bisa kerja berbarengan dalam menanggulangi kebakaran dan bencana. Kita akan cari legal basisnya seperti apa, sehingga kolaborasi ini bisa digunakan secara hukum,” ujarnya.

Masyarakat yang akan dilibatkan dalam kolaborasi tersebut, menurutnya, tidak akan menerima gaji tetap seperti pegawai damkar lainnya. Melainkan akan menerima semacam kompensasi atas bantuan yang diberikan. Namun bentuk dan nilai kompensasinya masih akan dicarikan yang tepat.

“Bukan gaji. Tetapi semacam kompensasi. Sepanjang itu normatif ya memungkinkan saja. Kan itu sedang kita kaji. Nanti intinya kita akan kolaborasi dengan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dengan terus memberikan pendampingan. Sehingga kita bisa cepat merespon kejadian,” tuturnya.

Namun, dia telah mendapatkan mandat dari Gubernur DKI untuk mengoptimalkan personel yang ada terlebih dahulu. Dia belum tahu apakah akan ada pengalihan profesi seperti Dinas Perhubungan yang mengambil sumber daya manusia (SDM) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta.

“Ya itu kalau kebijakan gubernur. Tapi yang pasti kita akan mengoptimalkan personel yang ada dulu, kolaborasi dengan masyarakat. Kalau masih kurang juga, nanti kita ajukan ke Pemprov. Dan kalau pun Pemprov akan membuka rekrutmen CPNS DKI Jakarta 2013 baru, kita akan minta supaya dibuka juga alokasi untuk damkar,” paparnya. [Berita Satu]

Share
Download Soal Tes CPNS 2014