Lowongan CPNS Kemdikbud Bertambah Seribu Formasi Terutama Dosen

By gladwin | October 5, 2013
WhatsAppShare
BERITA PENTING !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Ikuti Tryout CAT CPNS 2016, Info lengkap silakan -->> Klik Disini

Formasi CPNS Kemdikbud – Walupun pengumuman resmi telah keluar ternyata masih ada revisi dengan pengumuman tersebut. Terutama terkait dengan formasi CPNS yang akan diterima. Seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menerima tambahan alokasi formasi. Tidak tanggung-tanggung, penambahan formasi baru ini mencapai seribu kursi. Kuota baru ini didominasi formasi dosen.

Sebelum terjadi penambahan, formasi CPNS baru di Kemendikbud mencapai 3.183 kursi untuk kantor pusat di Jakarta maupun satuan kerja (satker) di daerah. Satker ini termasuk perguran tinggi negeri (PTN). Setelah terjadi penambahan yang diumumkan kemarin, berarti secara keseluruhan formasi CPNS baru di Kemendikbud berjumlah 4.183 kursi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Ainun Naim mengatakan jumlah peminat atau pelamar CPNS baru di lingkungannya cukup banyak. “Hampir di seluruh unit dan seluruh posisi, jumlah pelamarnya membludak,” katanya di Jakarta kemarin.

Dia mengatakan penambahan formasi ini sejatinya sudah menjadi hasil perhitungan dari tim panitia seleksi Kemendikbud. “Jika tidak ada penambahan ini, formasi untuk menutup kebutuhan dosen baru kurang,” katanya.

Perhitungan dari Kemendikbud menyebutkan jika saat ini ada sekitar 3.000 dosen yang pensiun. Dengan penambahan seribu formasi tadi, Ainun mengatakan sudah sesuai standar kebutuhan pegawai.

Ainun mengatakan posisi CPNS di Kemendikbud maupun di satker daerah bebas dilamar oleh siapapun. Misalnya formas CPNS di PTN di kota Malang atau Kota Surabaya, bisa dilamar oleh masyarakat dari luar Kota Malang atau Kota Surabaya bahkan dari luar provinsi Jawa Timur.

“Perebutan bebas tidak mengacu domisili unit yang dilamar maupun daerah asal pelamar,” tandasnya.

Rekapitulasi hingga Kamis (3/10) pukul 04.30 WIB menunjukkan jika seluruh pelamar CPNS baru di Kemendikbud mencapai 130.263 orang. Rinciannya adalah 82.115 pelamar sudah terkonfirmasi dan sisanya sebanyak 48.148 pelamar belum terkonfirmasi.

Sebelum ada penambahan formasi seribu kursi, alokasi lowongan untuk tenaga pendidik (guru dan dosen) berjumlah 1.959 kursi. Data sementara untuk formasi tenaga pendidik itu, telah dilamar oleh 12.081 orang. Dengan demikian tingkat perbandingan persaingannya mencapai 1:6.

Sedangkan untuk tenaga kependidikan (administrasi) jumlah formasinya ada 1.224 kursi, dengan jumlah pelamar sementara mencapai 70.034 orang (1:57). Ainun menegaskan seluruh rangkain tes CPNS di lingkungan Kemendikbud tidak dipungut biaya.

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorkasi (PAN-RB) Azwar Abubakar dalam waktu dekat menetapkan passing grade atau nilang ambang batas kelulusan. Nilai ambang batas ini khusus untuk tes kompetensi dasar (TKD), baik yang menggunakan format ujian LJK (lembar jawaban komputer) maupun formas CAT (computer assisted test).

Azwar menegaskan sampai saat ini passing grade belum ditetapkan. Tetapi sejumlah instansi sudah menetapkan jika skor passing grade minimal harus 400. Jadi pelamar yang dinyatakan lulus ujian harus mendapatkan skor sesuai passing grade itu. “Intinya belum ada ketetapan passing grade. Kita akan segera menetapkannya,” papar Azwar. Sumber:JPNN

WhatsAppShare