Lowongan CPNS Ciamis 2014 Belum Pasti

By gladwin | March 11, 2014
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Info CPNS Ciamis – Kabar kurang menggembirakan bagi warga Ciamis yang ingin menjadi CPNS. Pasalnya Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Ciamis belum dapat memastikan wacana perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum. Meskipun, pihak Kementerian Pendayangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan, pemerintah akan kembali melakukan rekrutmen CPNS.

Jumlah CPNS yang akan direkut melalui jalur umur mencapai 100 ribu orang. Tapi, sampai saat ini BKDD Ciamis belum mendapat informasi resmi dari Kemenpan-RB. Kabid Mutasi dan Kepegawaian, Drs. Achmad Yani, Selasa (4/3/2014), membenarkan kabar perekrutan CPNS dari jalur umum tersebut. Kabar itu tertera di website resmi Menpan-RB. Namun mengenai waktunya belum dipastikan.

”Mengenai perekutan 100 ribu CPNS dari jalur umum, saya belum bisa memastikan. Soalnya belum ada surat secara resmi, dan kabar tersebut hanya tersiar di Website Menpan-RB,” ujarnya. Acmad Yani menuturkan, belanja pegawai di Kabupaten Ciamsi sudah melebihi angka 50 persen. Hal itu akan berbeda kondisinya dengan kota/ kabupaten yang belanja pegawainya masih kurang dari 50 persen.

Jika tetap memaksakan dilakukan perekrutan CPNS jalur umum, kata Achmad Yani, APBD diprediksi akan habis untuk belajan pegawai. Dengan begitu alokasi untuk pembangunan menjadi minim. ”Rasionya sekarang di Kabupaten Ciamis belanja pegawai lebih besar dari belanja umum,” tuturnya.

Namun begitu, kata Achmad Yani, jika penerimaan CPNS jalur umum dibuka, pihaknya akan mengikuti sesuai prosedur dalam menyusun kebutuhan formasi. Dan itu nantinya dikaji Kemenpan-RB. Selain itu juga akan dilihat komposisi anggaran jumlah pegawai, jumlah PNS yang akan pensiun, luas wilayah dan jumlah penduduk. ”Setelah kita menyerahkan ke Menpan-RB dan dikaji, bisa saja nanti untuk di Kabupaten Ciamis akan diberikan formasi CPNS dan anggarannya dibantu dari APBN,” tegasnya.

Bagi honorer K2 maupun nonkategori, informasi perekrutan CPNS jalur umum menjadi peluang baru. Bagi pelamar umum, informasi tersebut juga tidak kalah pentingnya, karena selama ini perekrutan PNS sudah lama tidak dilakukan.

”Kami tentu menanti untuk jalur umum. Mudahan-mudahan Ciamis mengajukan formasi. Soalnya, saya capek kalau ikut di luar kota,” ujar Nanang yang tahun kemarin mengkuti tes seleksi CPNS di luar Ciamis.

WhatsAppShare