Lowongan CPNS Bisa Dilaksanakan Setahun Lebih dari Sekali

By gladwin | December 8, 2011
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, pola rekrutmen CPNS akan diubah pemerintah. Di mana pelaksanaannya tidak dilakukan serentak dan setahun sekali lagi, tapi bisa setahun beberapa kali. Diharapkan sistem baru ini bisa dilaksanakan paling lambat 2013.

“Perubahan sistem rekrutmen CPNS ini akan diatur dalam RUU ASN. Bila RUU ASN sudah ditetapkan di 2012, diharapkan bisa berlaku tahun depan,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Jakarta, Kamis (8/12).

Perubahan utama dalam rekrutmen ini adalah tidak berbasis pada formasi lagi. Tapi lebih pada basis kompetensi dan mengisi jabatan lowong. “Jadi rekrutmen akan dilakukan bila ada pekerjaan yang kosong, sehingga instansi satu dengan lainnya akan berbeda waktu penerimaannya,” ucapnya.

Eko menjelaskan, penetapan formasi sengaja ditiadakan untuk menghindari proyek rekrutmen maupun percaloan CPNS. Sebab temuan di lapangan, percaloan sudah dimulai sejak penetapan formasi.

Terkait moratorium CPNS, di mana ada beberapa yang dikecualikan (dokter, tenaga pendidik, dan kebutuhan mendesak), tetap akan diberlakukan sistem tersebut. “Tetap dites kompetensi dan mengisi jabatan lowong. Kecuali honorer ya,” tandasnya. Ref:esy/jpnn

WhatsAppShare