Lowongan CPNS 2014, 5 % Menerima Semua Jurusan

By gladwin | June 3, 2014
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Formasi CPNS 2014 – informasicpnsbumn.com – Anda ingin menjadi CPNS tapi formasi yang dibuka tidak sesuai atau syarat yang diminta tidak sesuai dengan jurusan Anda ?…Jangan khawatir, Pemerintah memperhatikan hal itu, makanya Bagi Anda yang selama ini jurusannya tak pernah dibuka dalam penerimaan CPNS segera berbenah dan bersiap, karena mulai tahun 2014 ini semua jurusan boleh ikut mendaftar Lowongan CPNS.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para sarjana jurusannya tidak ada dalam formasi yang telah ditetapkan untuk mengisi jabatan tertentu. Rencanaya pemerintah akan mengalokasikan 5% dari formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada penerimaan tahun ini untuk para sarjana dari semua jurusan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, gagasan mengalokasikan formasi CPNS untuk sarjana dari semua jurusan itu terinspirasi dari sejumlah bank yang ternyata menerima pegawai dari semua jurusan.

“Bahkan ada seorang sarjana Teknik Nuklir yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama sebuah bank BUMN, dan ternyata sukses,” kata Azwar saat memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Senin (2/6) pagi.

Menurut Azwar, beberapa bank besar seperti Citibank, Bank Mandiri, dari Bank BNI menerima pegawai dari semua jurusan, baik teknik, manajemen, ekonomi, accounting, sastra, pertanian, kehutanan, dan sebagainya. “Setelah diterima, mereka dilatih terus menerus, dan ternyata banyak yang berhasil. Kenapa kita tidak buat seperti itu,” terang Azwar.

Menteri PAN-RB itu memahami bahwa dalam rekrutmen CPNS belakangan ini ada beberapa jurusan yang tidak ada formasinya. Karena itu, dalam rekrutmen CPNS dan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya, tetap ada formasi untuk jabatan fungsional tertentu, dan akan dibuka formasi untuk semua jurusan.

“Jumlahnya tidak banyak, maksimal lima persen dari formasi. Jangan sampai mereka bilang, lulusan ini kok tidak ada formasinya,” papar Azwar.

Ia menyebutkan, menurut rencana, sekitar pertengah Juni ini pemerintah akan menetapkan formasi ASN dari masing-masing instansi pemerintah, untuk selanjutnya lowongannya diumumkan.

“Pelaksanaan pendaftaran dan test kompetensi dasar mudah-mudahan bisa dimulai pertengahan Juli, setelah pemilihan presiden,” pungkas Azwar.

WhatsAppShare