Home » Berita CPNS » Kenaikan Gaji PNS Ternyata Lebih Tinggi dari Pegawai Swasta

Kenaikan Gaji PNS Ternyata Lebih Tinggi dari Pegawai Swasta

Share
BERITA PENTING !
Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan Klik Disini >>

Gaji PNS Indonesia – Sejak krisis keuangan melanda, perbedaan pendapatan antara pegawai pemerintah dan swasta semakin melebar. Perbedaan gaji di antara keduanya mencapai 8 persen.

Hal itu diketahui dari survei yang dikeluarkan Office for National Statistic (ONS) atau semacam Badan Pusat Statistik (BPS) Inggris yang dikutip VIVAnews dari laman guardian.co.uk, Rabu, 28 Maret 2012.

ONS melaporkan, kendati pemerintah Inggris telah mengecilkan anggarannya, gaji tahunan yang diperoleh pegawai pemerintah pada 2011 lebih tinggi 8,2 persen dibandingkan rekannya di sektor swasta. Perbedaan ini lebih tinggi dibandingkan kondisi pada 2007 sebesar 5,3 persen.

BPS Inggris tersebut menjelaskan, salah satu alasan yang menyebabkan perbedaan mencolok itu adalah kualitas pekerja di sektor pemerintahan cenderung lebih tinggi dibandingkan swasta. Bahkan, pertumbuhan kemampuan mereka terus berkembang selama satu dekade terakhir.

ONS mengakui, perbandingan pendapatan di antara kedua sektor tersebut memang tidak bisa sepenuhnya tepat. Masalahnya, terdapat perbedaan jenis pekerjaan dan karakteristik dari setiap pegawai di antara keduanya.

Para pegawai di sektor pemerintahan biasanya lebih tua dibandingkan rata-rata pegawai di sektor swasta. Faktor umur biasanya berpengaruh pada pendapatan pegawai. Selain itu, pegawai swasta biasanya memperoleh pendapatan tinggi yang disesuaikan dengan pengalaman mereka.

“Masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi perbedaan pendapatan. Analisis ini juga tidak memasukkan faktor remunerasi seperti tunjangan pensiun, kendaraan dinas, dan asuransi kesehatan,” ujar ONS.

Pendapatan tahunan para pegawai ini juga tidak mencakup para pekerja yang bekerja sendiri. Karenanya, ONS juga tidak memasukkan gaji para pegawai swasta dari yang terendah hingga tertinggi. Ref:art/Vivanews

Share
Download Soal Tes CPNS 2014