Kementerian BUMN Siap Mengaudit Merpati

By gladwin | June 23, 2012
WhatsAppShare
HOT INFO !
Ujian CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Latihan Ujian CAT CPNS Wajib dipelajari untuk persiapan TES CPNS nanti.
Dapatkan Kisi Kisi Soal CAT CPNS, Info lengkap silakan --->> Klik Disini

Audit BUMN – Kementerian BUMN siap merencanakan audit investigasi kepada PT Merpati Nusantara Airlines Persero bila BUMN aviasi ini sudah melakukan audit internal perusahaan.

“Yang pasti akan ada audit kalau terindikasi telah melakukan pemborosan di tubuh Merpati,” tegas Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin saat ditemui di kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Jumat.

Ia mengungkapkan Kementerian BUMN juga dapat melakukan audit khusus terhadap Merpati Nusantara Airlines. Intinya, siapa pun orang yang melakukan penyimpangan dan pemborosan akan diinvestigasi.

“Misalnya, Pak Rudi (Rudi Setyopurnomo, Direktur Utama Merpati) sudah mempunyai bukti hitam di atas putih, nanti akan kita tanya dan kita buktikan. Kita akan langsung investigasi,” paparnya.

Direktur Utama Merpati Rudi dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI mengungkapkan ada beberapa perilaku buruk dalam tubuh maskapai pelat merah sehingga membuat rugi Merpati sekitar Rp3 miliar per hari.

“Ini kulturnya tidak baik di sini, banyak sekali fitnah. Tingkat korupsi di perusahaan ini sangat tinggi mencapai 60 persen,” ujar Rudi.

Bahkan, bahan bakar untuk pesawat terbang atau avtur turut dikorupsi. Oleh sebab itu, ia bekerja sama dengan Komisi Pemberantas Korupsi untuk menindaklanjuti temuan-temuan itu.

Merpati sudah merugi sejak 2008 sampai dengan 2012. Pada 2011, rencana pendapatan sekitar Rp3 triliun hanya tercapai Rp1,6 triliun. bahkan “load factor” yang tadinya 79 pada 2010 turun menjadi 74 pada 2011. Akibatnya, Merpati menderita kerugian operasi Rp450 miliar tahun lalu dengan total kerugian mencapai Rp750 miliar.

Namun sejak sepekan terakhir, seperti diungkapkan Rudy, maskapai milik pemerintah ini mencatat laba operasi sebesar Rp500 juta per hari. ref:Antara

WhatsAppShare